Audit Tata Kelola Sistem Informasi Layanan Asuransi pada Prudential Bandar Lampung Menggunakan COBIT Framework 5DOMAIN DSS dan MEA

Fenty Ariani, M. Alkautsar, Yuthsi Aprilinda

Abstract


Prudential adalah perusahaan asuransi jiwa yang memiliki jaringan bisnis tersebar di Cina, Hongkong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Prudential Indonesia menyediakan berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan para nasabahnya di Indonesia yang meliputi asuransi kesehatan, asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa tradisional, asuransi kecelakaan, asuransi dwi guna, asuransi pendidikan, dan asuransi income yang datanya terintegrasi pada sistem informasi perusahaan.

Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner, wawancara, dokumentasi dan observasi secara langsung. Hasil pengumpulan data digunakan untuk mengevaluasi sistem Pruacces. Evaluasi ini menggunakan framework COBIT 5. Dengan domain Deliver Service and Support (DSS), dan Monitor Evaluate and Assure (MEA). Diperlukan pengukuran maturity level menggunakan Framework COBIT 5 pada sistem informasi perusahaan untuk dapat mempertemukan kebutuhan bisnis dengan layanan asuransi nasabah agar sistem informasi perusahaan dapat efektif mendukung kegiatan layanan asuransi.


Keywords


Pruacces; Framework COBIT 5; DSS dan MEA.

Full Text:

PDF

References


ISACA. (2012). Kerangka COBIT 5, COBIT 4.1, BMI (Modeling Bussiness Information), Manajemen Tata Kelola, Jaminan Framework, Kerangka IT Risk, Major ISACA.

Jogiyanto dan Willy. (2011). Sistem Tatakelola Teknologi Informasi. Yogyakarta : Andi.

Kertahadi. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan : Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta : Kharisma Putra Utama.

Sanyoto, G. (2007). Audit Sistem Informasi. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Tri, R.S. (2016). Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Berbasis COBIT 5 (DSS05) Untuk Evaluasi Keamanan Sistem Informasi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal. Semarang : Universitas Dian Nuswantoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v8i2.953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub