Implementasi OLAP Untuk Efektivitas Pelaporan Data (Study Kasus Data Dosen dan Karyawan)

Ahmad Cucus, Rosita ROSITA

Abstract


Dalam penelitian ini, penulis mencoba mengimplementasikan OLAP pada sistem pengolahan data dosen dan karyawan dengan study kasus Universitas Bandar Lampung, kebutuhan akan pelaporan data yang cepat dan akurat menjadi dasar utama untuk di kembangkannya, aplikasi pengolahan data berbasis OLAP. Banyaknya variabel pelaporan, serta tidak terdigitilalisasi data memungkinkan aplikasi berbasis OLAP unuk memberikan peningkatan yang signifikan terhadap efektivitas pengolahan data.

Kajian untuk pembuktian seberapa efektivitas pengolahan data dengan sistem yang di implementasi adalah dengan penggunaan pretest dan posttest serta pengukuran dengan skala likert. Hasil yang di dapatkan ternyata menunjukan adanya peningkatan efektivitas pelaporan data dosen dan karyawan yang di butuhkan instansi tersebut.


Keywords


OLAP; Datawarehouse; SDM.

Full Text:

PDF

References


Gartner. (2009). Business Intelligence ranked Top Technology Priority by CIOs for Fourth Year in a Row.

Kapoor, B. (2010). Business Intelligence and Its Use for Human Resource Management. The Journal of Human Resource and Adult Learning, 21.

Mohieldin Mahmoud, A. E. (2013). Using Online Analytical Processing (OLAP) in Data Warehousing. International Journal of Science and Research (IJSR) , 2975.

Muhammad Bilal Shahid, U. S. (2016). Application of Data Warehouse in Real Life: State-ofthe-art Survey from User Preferences’ Perspective. (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications,, 417.

Parekh, A. (2013). Introduction on Data Warehouse with OLTP and OLAP. International Journal Of Engineering And Computer Science, 2569.

Tamer S. Abdellatif, M. A. (2011). Comparing Online Analytical Processing and Data Mining Tasks In Enterprise Resource Planning Systems. International Journal of Computer Science Issues, 163.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v8i1.861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub