Importance Performance Analysis dalam Pengukuran Kepuasan Pasien pada Puskesmas melalui KepPA

Iwan Purwanto, Dedy Sugiarto

Abstract


Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. karena berdasarkan unsur dasar kesehatan tersebut, manusia akan sangat sulit untuk melakukan aktifitasnya. Guna melakukan Pengontrolan dan penanganan terhadap permasalahan kesehatan, pemerinta menyediakan suatu Lembaga pelayanan bagi kesehatan masyarakat berdasarkan beberapa klaster. Klaster terendah dapat dilakukan melalui pelayanan Pusat Pembantu Kesehatan (PusTu), setalah itu Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Rumah sakit Rujukan (Type C) dan Rumah sakit Rujukan (Type B dan A). Mengingat pentingnya manfaat pelayanan kesehatan bagi masyarakat, makan menggerakan penulis untuk melakukan penelitian yang berorientasi pada pelayanan kesehatan pada Lembaga pelayanan kesehatan tingkat dasar sedang (Puskesmas). Dalam penelitian ini penulis lebih memfokuskan pada konsep pemenuhan kepuasan pasien terhadap suatu layanan yang ada di Pusat Kesahatan Masyarakat atau yang sering dikenal dengan nama lain PUSKESMAS. Puskesmas merupakan salah satu pusat layanan kesehatan yang berada di tengah masyarakat, yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat pada garda terdepan Salah satu puskesmas type C yang menjadi suatu objek adalah puekesmas yang menyediakan layanan rawat inap dan rawat jalan dengan pemenuhan pasien BPJS. Penelitian ini akan merancang suatu sistem yang bertujuan untuk melakukan penilaian kepuasan pelanggan dengan luaran akhir berupa rekomendasi. Pengukuran kualitas layanan dalam penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk memetakan hubungan antara kepentingan dengan kinerja dari masing-masing atribut yang ditawarkan dan kesenjangan antara kinerja dengan harapan dari atribut-atribut penunjang. Penambangan data akan dikaitkan dengan sistem yang tertanam dalam sistem inteligent bisnis (business intelligence). Temuan yang dihasilkan berdasarkan penelitian ini menunjukan bahwa Puskesma telah memberikan penlayanan dan pemenuhan kebutuhan pendukung pelayanan baik kualitas 1 dan 2 dengan penilaian baik.


Keywords


Puskesmas; PusTu; Importance Performance Analysis (IPA); business intelligence

Full Text:

PDF

References


Arief. 2011. Pengertian MySQL Menurut Para Ahli. Jurnal Universitas Udayana. Bali.

Aunu Rofiq Djaelani. 2013. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif. FPTK IKIP Veteran Semarang.

Fandy Tjiptono, Ph. D dan Gregorius Chandra. 2015. Service, Quality, dan Satisfaction. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Hermawan, 2011. Makalah Sejarah Sistem Operasi Android. Jurnal Bina Darma. Palembang.

I Gusti Bagus Maha Putra. 2014. Materi Aplikasi. Jurnal Mercubuana. Yogyakarta.

I Made Suska V, dkk. 2013. Analisis Kualitas Pelayanan Pas Bandara Internasional Ngurah Rai dengan Menggunakan Model Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Spektran.

Juniartono. 2013. Analisis Tingkat Kepuasan Pelayanan Konsumen Pengguna Jasa Transportasi pada CV. Delta Trans dengan menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Pelita Informatika Budi Darma.

Khodaparasti R.B., Gharebagh M,K. 2015. Application of Importance Performance Analysis (IPA) Method for Evaluate Service Quality of Saderat Bank in Urmia, Iran. Polish Journal of Management Studies.

Lovelock dan Wirtz, 2011. Teori Kepuasan. Jurnal Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara.

Pressman. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Jurnal Universitas Bina Nusantara. Jakarta.

Rosa Salahudin. 2011. Simbol-Simbol Use Case Diagram. Jurnal Mercubuana. Yogyakarta.

Sugiyono. 2012. Teknik Pengambilan Sampel. Jurnal Mercubuana. Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian. Jurnal Universitas Lampung. Lampung.

Sugiyono. 2012. Materi Kepustakaan. Jurnal Universitas Lampung. Lampung.

Sugiyono. 2013. Pengumpulan Data Dengan Dokumentasi. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Sugiyono, 2013. Angket Sebagai Teknik Pengumpulan Data. Jurnal UIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.

Syafizal Helmi Situmorang. 2010. Analisis Data Untuk Manajemen dan Bisnis. Medan USU Press.

A Diana, DR Utari, Pemodelan Sistem Penunjang Keputusan dalam Pemilihan Vendor Laptop dengan Metode Anal

Ade Priyatna (2019), Implementasi Sistem Penunjang Keputusan Menggunakan Business Intelligence Untuk UMKM Di Gunung Putri Kab. Bogor., Vol 7, No 1, Jurnal Khatulistiwa Informatika

AY Pradipta, A Diana, (2017), Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier pada Apotek dengan Metode AHP dan SAW (Studi Kasus Apotek XYZ), Prosiding SISFOTEK,

Agus S (2011). Trik and Solusi Jitu Pemrograman PHP, PT Elex Media Komputindo

Henny, L. (2013) Penerapan Algoritma K-Nearst Neighbor untuk Penentuan Resiko Kredit Kepemilikan Kendaraan bermotor, Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, Syste, Embedded & Logic.

I Verawati (2020) Sistem Penunjang Keputusan Produksi Kopi Wine Gayo Menggunakan Algoritma Fuzzy Tsukamoto, Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi

I Purwanto (2019), Envelopment Data Analysis Dalam Proses Efisiensi Pengembangan Data Antrian Pada Rumah Sakit, Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora, p.149-155.

I Purwanto, R Mardjono (2021), Cobit 5 dalam Proses Audit Tata kelola Teknologi Informasi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang–Lampung, Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia, 12. 2., p. 259-264.

I Purwanto, AS Qomar, R Mardjono, AN Habyba (2022), Content Management System Sebagai Penguat Pelaku UMKM Melalui Pelatihan Media Pemasaran Online, 4., 1., p. 59-64.

Jogianto HM., A.M. (2011) Metologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Osinta, D.A. (2010) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan pelanggan Membentuk Loyalitas Pelanggan. Imu Administrasi dan Organisasi, 17 (2), 114-126

Sari, N (2013), Analisa Tingkat kepuasan Mahasiswa Universitas Hasanuddin Terhadap Situs www.unhas.ac.id.Tesis.

Shim, S.J. (2012). Ecploring the benefits of expert systems use in organization. The Journal of Computer System, 39 (3), 77, 4 pgs, Stillwater: Spring.

Silmi, H. (2013) Sistem pakar Penentuan Jenis Budidaya Ikan Air Tawar Berdasarkan Lokasi dan Kualitas Air, IPB

Siti, R, Rina, S., (2010) Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Uanggas Dengan Metode certainty Factor.

Sugiyono, P.D. (2013) Metode Penelitian Kualintatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Tsai, N., Necco, C.R. and Wei, G. (2014) Implementing an expert system: A report on benefits realized (part 1). Journal of Sustems Management, 45 (10), 26, 5 pgs, Clevenland




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v13i2.2541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub