Cobit 5 dalam Proses Audit Tata kelola Teknologi Informasi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang – Lampung

Iwan Purwanto, Rully Mardjono

Abstract


Peran Teknologi informasi dan komunikais dewasa ini tidak dapat terelakkan lagi. Seala lini dengan berbagai sub domain membutuhkan peran sertanya dalam proses penunjang kegiatan operasional, baik sebagai main core atau pun support. Organisasi yang bergerak dalam bisang pelayanan maupun manufacturing secara sinergi dan berkesinambungan membutuhkan peran serta implementasi teknologi sebagai pendorong proses bisnisnya. Tidak saja hanya pada instansi swasta, dewasa ini instansi pemerintah pun di gadang-gadang untuk dapat ikut andail dalam perkembangan teknologi dan komunikasi. Oleh karena itu organisasi perlu menyelaraskan strategi organisasi dengan strategi TI guna mencapai tujuan organisasi. Namun di lapangan terkadang sulit sekali menyeleraskan antara kebutuhan organisasi dengan kebutuhan TI. Diperlukan pendekatan yang tepat dan komperhensif seta kemudahan bagi suatu organisasi dalam rangka menyelaraskan antara strategi organisasi dengan kondisi TI pada organisasi tersebut. Cobit 5 memberikan pointer yang cukup dalam mendesain kebutuhan organisasi untuk memenuhi kebuutuhan IT organisasinya. Sebagai panduan pengembangan insfrastruktur dan penentuan nilai guna IT dalam organisasi COBIT 5 juga memberikan kemudahan dalam penentuan tikngat kebergunaan teknologi terbarukan. Dinas Pendidikan merupakan pelaksana unsur kepemerintahan pada bidang Pendidikan baik Pendidikan formal maupun non formal. Meninjau tingkat akurasi data yang begitu penting bagi pemerintah daerah dan pusat, maka implementasi TI dangat dibutuhkan dalam proses percepatan penghimpunan datanya. Guna meningkatkan peran serta percepatan dan akurasi data pada dinas Pendidikan COBIT 5 menyajikan bebrapa standar dalam pengolahannya, yaitu: EDM (Evaluate, Direct, dan Monitoring), DSS (Delifery, service, dan Support), Serta APO (Align, Plan, dan Organize). Kompopnen tersebun peneliti anggap penting guna mengukur tingkat kematangan organisasi, Hasil yang diharapkan dari kajian evaluasi adalah gambaran kondisi tata kelola TI berjalan dan rekomendasi guna perbaikan organisasi dengan menggunakan perhitungan tingkat kematangan (maturity level) melalui tanya jawab dan penghimpunan data (kuisioner) yang berhubungan dengan penentuan pada tingkat mana kondisi teknologi informasi telah di implementasikan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung.

Keywords


Tatakelola TI; Cobit 5; EDM; DSS; APO; Dinas Pendidikan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v12i2.2361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub