Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama

Yuthsi Aprilinda, Robby Yuli Endra, Freddy Nur Afandi, Fenty Ariani, Ahmad Cucus, Dewi Setya Lusi

Abstract


Augmented Reality (AR) merupakan salah satu teknologi yang menggabungkan objek virtual dengan objek nyata. Salah satu bidang yang mengunakan teknologi AR ini adalah bidang pendidikan, digunakan sebagai alat bantu pembelajaran untuk membuat pelajar lebih memahami materi yang diberikan. Pada penelitian ini, menjelaskan penggunaan teknologi AR dalam pembelajaran tentang sistem ekskresi manusia menggunakan teknologi AR. Dalam pembuatan aplikasi pembelajaran dengan menggunakan metode AR, penulis menggunakan metode Marker Based Tracking AR. Adapun tujuan  dari penelitian ini agar memberikan kemudahan bagi siswa dalam belajar dan memahami materi, belajar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Pada aplikasi ini setiap objek  di tampilkan dengan  gambar secara visual secara 3D menggunakan animasi, suara dan warna yang menarik, Metode penelitian yang ada dalam penelitian ini adalah studi literatur, studi lapangan, dan perhitungan sampel. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi mobile yang digunakan sebagai alat pendukung untuk membantu proses pembelajaran.

Keywords


Augmented Reality; Pembelajaran; marker

Full Text:

PDF

References


R. Y. Endra and D. R. Agustina, “Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Keras Komputer Menggunakan Augmented Reality,” Expert – J. Manag. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 9, no. 2, pp. 63–69, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/expert/article/view/1311/1503.

M. A. Andújar, J. M.; Mejías, A.; Márquez, “Augmented Reality for the Improvement of Remote Laboratories: An Augmented Remote Laboratory IEEE Transactions on Education,” IEEE Trans. Educ., vol. 54, no. 3, pp. 492–500, 2011, [Online]. Available: https://ieeexplore.ieee.org/document/5607327.

N. Navab, T. Blum, L. Wang, A. Okur, and T. Wendler, “First deployments of augmented reality in operating rooms,” Computer (Long. Beach. Calif)., vol. 45, no. 7, pp. 48–55, 2012, doi: 10.1109/MC.2012.75.

C. Monserrat, “Using Augmented Reality to Treat Phbias(2005)Juan et al..pdf,” pp. 31–37, 2005.

R. Y. Endra and D. S. Aprilita, “E-Report Berbasis Web Menggunakan Metode Model View Controller Untuk Mengetahui Peningkatan Perkembangan Prestasi Anak Didik,” J. Explor., vol. 9, no. 1, pp. 15–22, 2018.

D. E. Nurcahyo and B. S. Hantono, “Pemanfaatan Augmented Reality Dalam Dunia Pendidikan Untuk,” J.sentika, vol. 2015, no. Sentika, pp. 193–198, 2015.

R. Y. Endra, D. R. Agustina, and S. C. Hadi, “Positioning Manipulate Real Property Object On Tourist Attraction Utilize Augmented Reality,” in The 4th International Conference on Engineering and Technology Development (ICETD 2017), 2017, p. 758, [Online]. Available: http://artikel.ubl.ac.id/index.php/icetd/article/view/1094/1416.

F. Z. Adami and C. Budihartanti, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android,” Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 2, no. 1, pp. 122–131, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/viewFile/370/279.

S. P. Bowers, “Predicting success in early childhood teacher education programs,” J. Early Child. Teach. Educ., vol. 19, no. 3, pp. 227–233, 1998, doi: 10.1080/0163638980190306.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v11i2.1591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub