Menentukan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Menggunakan Metode Algoritma K-Means

Adi Prasetia Nanda, Doni Eko Hendro Pramono, Sri Hartati

Abstract


Perbandingan antara metode algoritma C4.5 dengan metode algoritma K-Means yang diteliti oleh peneliti untuk menentukan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik pada STMIK Pringsewu. Kriteria yang digunakan dalam menilai tingkat kepuasan ada lima kriteria diantara, adalah tangible, reability, assurance, responsiveness, dan empathy. Pada STMIK Pringsewu, kriteria-kriteria tersebut belum terukur dengan pasti oleh karena itu pihak STMIK Pringsewu masih merasa kurang tepat dalam menentukan kriteria mana yang harus ditingkatkan kualitasnya. Menggunakan metode algoritma K-Means penulis mencoba untuk mengukur kelima kriteria tersebut, sehingga terbentuklah sebuah hasil dari kelima kriteria tersebut. Setelah dilakukan perhitungan secara manual, maka dilakukan pula pembuktian menggunakan uji validasi sensitivitas, dan spesifisitas. Setelah dilakukannya perhitungan menggunakan metode algoritma K-Means dan dibuktikan dengan menggunakan uji validasi sensitivitas, dan spesifisitas. Maka didapatkan nilai Uji sensitivitas metode algoritma K-Means dapat mengklarifikasikan kepuasan mahasiswa dengan variable tangible 77,00 %, Reliability 78,83 %, Responsiveness 86,49 %, Assurance 70,07 %, dan Empathy 79,19 %. Sedangkan, uji spesifisitas metode algoritma K-Means dapat 99 mengklarifikasikan tidak puasnya mahasiswa dengan variable tangible 21,35 %, Reliability 21,80 %, Responsiveness 23,72 %, Assurance 19,61 %, dan Empathy 21,89 %

Keywords


Kepuasan, C4.5, K-Means

Full Text:

PDF

References


S. Kasus and S. Pringsewu, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Menggunakan Metode Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Stmik Pringsewu),” J. Teknol. Inf. Magister Darmajaya, vol. 2, no. 01, pp. 1–11, 2016.

N. C. P. S. I. Suyadi, “( Survei Pada Nasabah Perum Pegadaian Kantor Cabang Syariah Tlogomas Malang ),” J. Adm. Bisnis, vol. 32, no. 2, pp. 39–46, 2016, [Online]. Available: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/i ndex.php/jab/article/view/1262.

K. Putri and I. Nurcaya, “Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan D&I Skin Centre Denpasar,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 2, no. 8, p. 247815, 2013.

R. A. Marlien, “Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Universitas Stikubank Semarang,” J. Din. Tek., vol. Vol. XI, N, pp. 22–38, 2018.

Saifuddin and Sunarsih, “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 1,” vol. 8, no. 2, pp. 177– 216, 2016.

I Nyoman Kanca, “Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Akademik Jurusan Penjaskesrek,” Universitas Pendidikan Ganesha, 2015.

F. Nur, M. Zarlis, and B. B. Nasution, “Penerapan Algoritma K-Means Pada Siswa Baru Sekolahmenengah Kejuruan Untuk Clustering Jurusan,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 1, no. 2, pp. 100–105, 2017, doi: 10.30743/infotekjar.v1i2.70.

G. Gustientiedina, M. H. Adiya, and Y. Desnelita, “Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering Data Obat-Obatan,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 17–24, 2019, doi: 10.25077/teknosi.v5i1.2019.17-24.

Y. Darmi and A. Setiawan, “Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam,” Y. Darmi, A. Setiawan, vol. 12, no. 2, pp. 148–157, 2016.

Q. A’yun, J. Hendrartini, A. S. Santoso, and L. E. Lugroho, “Uji sensitivitas dan spesifisitas perangkat lunak ‘Prediktor Karies Anak’ (The sensitivity and specificity test of software for dental caries prediction in children),” Dent. J. (Majalah Kedokt. Gigi), vol. 47, no. 1, p. 45, 2014, doi: 10.20473/j.djmkg.v47.i1.p45-51.

M. Muslihudin and D. Rahayu, “Sistem Pendukung Keputusan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Weighted Product,” TAM (Technology Accept. Model., vol. 9, pp. 1–6, 2018.

T. Listrik, K. X. Jurusan, A. Video, and D. I. Smk, “Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di Smk Negeri 4 Semarang,” Edu Elektr. J., vol. 4, no. 1, pp. 38–49, 2015.

Thalha Alhamid dan Budur Anufia, “Resume: Instrumen Pengumpulan Data,” p. 55. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong, 2019

H. Tamura, “済無No Title No Title,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, p. 287, 2008, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v11i1.1455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub