https://socius.unesa.ac.id/css/
SISTEM MONITORING ASAP ROKOK MENGGUNAKAN SMARTPHONE BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) | Hardika | Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)

SISTEM MONITORING ASAP ROKOK MENGGUNAKAN SMARTPHONE BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Deka Hardika, Nurfiana Nurfiana

Abstract


Perkembangan teknologi internet saat ini semakin pesat, salah satu perkembangan teknologi internet saat ini yaitu Internet of Thing ( IoT ). GDK (Gerakan Disiplin Kampus) merupakan upaya kampus Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang tertip, disiplin, sehat, indah dan bersih. Aturan ini berlaku untuk seluruh civitas akademika IIB Darmajaya, pelanggaran yang sering dilakukan mahasiswa ataupun karyawan yaitu merokok di tempat yang ada tanda larangan merokok. Oleh karena itu perlu dibuat suatu sistem monitoring yang tepat untuk mengontrol pelanggaran tersebut. Sistem monitoring asap rokok yang sudah ada masih menggunakan sinyal wifi sehingga jangkauan monitoring maksimal 25 meter.  Penelitian ini mengembangkan sistem monitoring asap rokok menggunakan internet sehingga jangkauan monitoring menjadi lebih luas. Sistem ini menggunakan sensor MQ 135 sebagai pendeteksi asap, Arduino Uno akan memproses inputan dari sensor, Arduino Ethernet Shield yang sudah terkoneksi oleh modem akan mengirimkan data inputan sensor ke web server Thingspeak lalu akan ditampilkan ke smartphone. Internet digunakan sebagai media transmisi antara smartphone dengan alat pendeksi asap. Hasil uji coba membuktikan bahwa sistem ini dapat memonitoring asap dimana saja selama smartphone masih terkoneksi dengan internet.

Keywords


Sensor MQ 135, Arduino, Smartphone, Internet of Thing

Full Text:

PDF

References


Alvie Yulisn, dkk .2015. Rancang Aplikasi Pemantau Suhu Dan Kelembapan Pada Inkubator Bayi Berbasis Internet. Universitas Gunadarma Depok.

Arafat. dkk .2016. Sistem Pengamanan Pintu Rumah Berbasis Internet of things (LOT) Dengan ESP8266 Jurnal fakultas teknik Technologia.

Ellian Adhi Satya, dkk. 2012. Pengontrol Lampu Melalui Internet Menggunakan Mikrokontroler Arduino berbasis Arduino. Universitas Diponegoro Semarang.

Harjono. 2009. Pengertian Internet. Retrieved oktober,10 2018, from DosenIT.com:lihathttp://www.google.co.id/amp/s/ dosenit.com/jaringankomputer/internet/pengertian-internet-menurutahli/amp

Kiki Azhari MOS. Dkk. 2015. Perancangan Sistem Monitoring Kualitas Udara Dalam Ruangan Dengan Komunikasi TCP/IP Berbasis Mikrokontroler Atmega.

Nurfiana, & Hasbiyantoro, W. .2017. Implementasi Sistem Monitoring Asap Rokok Melalui Smartphone Menggunakan Sensor Mq-135 Berbasis Arduino Untuk Meningkatkan Gerakan Displin Kampus (Gdk). EXPLORE, 8(1), 74-81.

Subhan Apryandi. 2013. Rancang Bangun Sistem Detektor Kebakaran Via Handphone Berbasis Mikrokontroler. Universitas Panjungpura Pontianak.

Totok Budioko. 2016. Sistem Monitoring Jarak Jauh Berbasis Internet Of Things Menggunakan Protokol MQTT. STIMIK AKAKOM Yogyakarta.

Yuliant , A., Salahuddin, N. S., & Kowanda, A. (2015). Rancang Aplikasi Pemantau Suhu dan Kelembapan Bayi Berbasis Internet. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi) (pp. I7-I10). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v10i1.1221

Article Metrics

Abstract view : 855 times
PDF - 527 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub