https://socius.unesa.ac.id/css/
Sistem Pendukung Keputusan Perangkingan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Pringsewu Menggunakan Metode Weighted Product (WP) | OKTAFIANTO | EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Sistem Pendukung Keputusan Perangkingan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Pringsewu Menggunakan Metode Weighted Product (WP)

Oktafianto OKTAFIANTO, Elisabet Yunaeti Anggraeni, Suyono SUYONO

Abstract


Penelitian ini menganalisis sistem pendukung keputusan dalam perangkingan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Pringsewu. Kesulitan yang dihadapi oleh stakeholder baik itu pemerintah maupun masyarakat umum di Kabupaten Pringsewu adalah belum mengetahui tingkat kualitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Pringsewu, karena hal ini sangat berkaitan dengan kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah ketika ada penyaluran hibah langsung. Sedangkan bagi masyarakat, yaitu terkait Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mana yang akan dipilih untuk menyekolahkan anaknya. Penelitian ini menggunakan enam criteria dalam perangkingan Sekolah Menengah Kejurun (SMK). Keenam criteria tersebut adalah gedung/ruang belajar, perpustakaan, ketersediaan laboratorium, akreditasi sekolah, linearitas keilmuan pendidik dan persentase siswa yang lulus dalam ujian nasional. Setelah dilakukan perhitungan menggunakan metode Weighted Product (WP), maka diperoleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang unggul di Kabupaten Pringsewu.


Keywords


SPK; SMK; Weighted Product.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Wiyanti, D. T. (2014, June). Implementasi Weighted Product (WP) dalam Penentuan Penerima Bantuan Langsung Masyarakat PNPM Mandiri Perdesaan. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).

Aji Pamurti, Andarina (2008) Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata Bertaraf International Di Semarang. Undergraduate Thesis, Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip.

Andri Syafrianto, Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Lokasi Perumahan Menggunakan Weighted Product Model (WPM), STMIK El Rahma

Anggraeni, E. Y., & Oktafianto, O. (2017). Penerapan Metode Fuzzy Simple Additive Waighting (FSAW) Dalam Penentuan Perankingan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Kabupaten Pringsewu. Semnasteknomedia Online, 5(1), 3-5.

Basyaib Fachmi (2006). Teori Pembuatan Keputusan, Jakarta : PT. Grasindo

Kusumadewi, Sri., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. (2007). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v7i2.964

Article Metrics

Abstract view : 406 times
PDF - 333 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.