Aplikasi E-Booking Rumah Makan Berbasis Web dengan Penerapan Arsitektur Model View Controller (Studi Kasus: Rumah Makan kampoeng bamboe)

Aditya Sentosa, Taqwan Thamrin

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang ada pada saat ini yaitu dapat melakukan pengolahan data dengan mudah dan menghasilkan informasi yang dibutuhkan dengan akurat dan mengefektifkan waktu, serta biaya yang dikeluarkan lebih efisien. Keunggulan inilah yang menjadikan teknologi informasi saat ini banyak berperan serta dalam segala bidang dan aspek kehidupan yang ada, dan berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.Di dalam permasalahan yang ada pada rumah makan kampoeng bamboe Bandar Lampung, peneliti mengambil sebuah gambaran dari sebuah permasalahan pada sistem booking tempat yang terjadi. Sebelumnya dalam sistem booking tempat di rumah makan kampoeng bamboe hanya dapat dilakukan secara manual yaitu pelanggan harus menelepon tempat makan ataupun datang langsung ke tempat makan untuk melakukan booking tempat ataupun sekedar mengetahui informasi tentang booking tempat, sehingga diperlukan aplikasi booking online yang tidak membuang banyak waktu, tenaga dan mempermudah customer pada saat ingin melakukan transaksi booking tempat pada rumah makan kampoeng bamboe. Perancangan sistem ini akan lebih mudah dikembangkan jika menggunakan pola desain berarsitektur model view controller (MVC). Arsitektur ini membagi aplikasi menjadi tiga bagian secara konsep yang terpisah yaitu model, view, dan controller, masing-masing dapat dikembangkan secara terpisah antara satu dengan yang lainnya, sehingga perubahan pada satu bagian memiliki dampak minimal pada bagian lain. Dengan melihat beberapa kekurangan dalam bidang booking tempat di atas, maka dari itu peneliti mencoba memberikan solusi dengan membuat aplikasi booking tempat online di rumah makan kampoeng bamboe berbasis web.

Keywords


Booking online; Model View Controller (MVC).

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

Ali Ibrahim. (2011). Perancangan Sistem Pemesanan Tiket Pesawat Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 3, NO. 1, April 2011.

Arief Hidayat, Bayu Surarso. (2012). Penerapan Arsitektur Model View Controller (MVC) Dalam Rancang Bangun Sistem Kuis Online Adaptif. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2012 (SENTIKA 2012) ISSN: 2089-9815 Yogyakarta, 10 Maret 2012.

Astuti, P. D. (2013). SISTEM INFORMASI PENJUALAN OBAT PADA APOTEK. Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS), 142.

Hendrayudi. (2009). VB 2008 Untuk Berbagai Keperluan Pemrograman. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hendro Susilowanto. (2013). Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat Secara Online Berbasis Web. JURNAL TRANSIT, Volume 1, No.1, Jan 2013 : 134.

Hermawan, J. (2004). Analisa Desain & Pemrograman Berorientasi Obyek dengan UML dan Visual Basic.NET. Yogyakarta: Andi.

Jogiyanto HM. (2001). Sistem Teknologi Informasi. Andi Yogyakarta.

Munawar. (2005). Pemodelan Visual dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.

O’Brien, James A., (2005). Pengantar Sistem Informasi: Perspektif Bisnis dana Manajerial. Edisi ke-12. Jakarta : Salemba Empat.

Saputro, H. W. (2007), Pengertian Website dan Unsur-unsurnya.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantittatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v5i2.725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.