Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Untuk Rekomendasi Pemilihan Program Studi Dengan Fuzzy Tahani

Robby Yuli Endra, Fenty Ariani

Abstract


Memilih Program Studi bukanlah hal yang mudah. karena jika salah dalam pemilihan Program Studi yang akan diambil akan berpengaruh terhadap motivasi belajar, lamanya masa studi yang melebihi dari standar yang berlaku, bahkan ada juga yang mengalami kegagalan. Dengan adanya rekomendasi pemilihan Program Studi, diharapkan setiap mahasiswa dapat lebih fokus pada minat dan kemampuan yang dimiliki. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian terapan, penelitian terapan ini merupakan suatu jembatan dari penelitian basic/murni diantara penelitian eksperimental.Tujuan penelitian ini adalah mengabungkan hasil algoritma FIS metode Tsukamoto dan Fuzzy Databases metode Tahani yang dirancang kedalam sebuah aplikasi yang berbasis Dekstop dengan menerapakan tahap-tahap Siklus hidup pengembangan system. Adapun  variabel input nya adalah Nilai Wawancara, Nilai Teknik Informatika, Nilai Sistem Informasi Dan Nilai Test Tertulis. Variabel output adalah minat dimana Teknik Informatika atau Sistem Informasi yang paling sesusai dengan minta dan kemampuan calon mahasiswa.


Keywords


Fuzzy; Tahani; Aplikasi; Rekomendasi; Program Studi.

Full Text:

PDF

References


Ariani. F & Dermadi. N. 2014. Algoritma Fuzzy Inference System Metode Tsukamoto Untuk Rekomendasi Pemilihan Jurusan, Penelitian Dosen Pemula UBL.

Bojadziev George, Maria Bojadziev. 2006. Fuzzy Logic For Business Finance and Management , Kanda : World Scientific Publishing.

Damanik.P.M.2012.Kompetensi Pengelola Dalam Mengatasi Permasalahan Teknis Pada Pusat Layanan Internet Kecamatan, Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi vol I no 1 Desember 2012.

Kusumadewi, S, dan Purnomo, H. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sugiyono.(2012).”Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. AlfaBeta, Bandung.

Uyun. S & Madikhatun,Y. (2011). “Model Rekomendasi Berbasis Fuzzy Untuk Pemilihan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas”, Jurnal Informatika Vol 5 no 1 Januari 2011 .

Prof Lotfi A.Zaden. fuzzy logic based querying system.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v5i2.724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.