Penerapan Fuzzy Inference System Metode Mamdani Untuk Penentuan Besaran Persentase Beasiswa

Agus Sukoco, Robby Yuli Endra

Abstract


Untuk menjamin pendidikan yang bermutu, pemerintah wajib memberikan layanan dan kemudahan terhadap pendidikan tanpa adanya deskriminasi. Untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu diperlukan biaya yang cukup besar Oleh karena itu bagi setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya, dan berhak mendapatkan beasiswa bagi mereka yang berprestasi. Penerapan Fuzzy Inference System (FIS) metode Mamdanidapat digunakan untuk pendukung keputusan dalam penentuan kelayakan beasiswa. Pada Fuzzy Inference System (FIS) metode Mamdani untuk memperoleh output diperlukan empat tahap, yaitu pembentukan himpunan fuzzy (Fuzzifikasi), pembentukan rules, aplikasi fungsi implikasi serta defuzzifikasi. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian terapan, penelitian terapan ini merupakan suatu jembatan dari penelitian basic/murni diantara penelitian eksperimental. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ada 3 metode yaitu Teknik Wawancara, Dokumentasi dan Observasi. Data yang didapatkan dari pihak marketing Fakultas Ilmu Komputer-Universitas Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah penerapan algoritma dan Fuzzy Inference System dengan Metode MAMDANI untuk penentuan kelayakan beasiswa mahasiswa baru, sehingga beasiswa diterima oleh calon mahasiswa tersebut tepat dan objektif. Hasil dari penelitian ini merupakan penerapan fuzzy inference system mamdani dilakukan dengan menggunakan 4 tahap yaitu pembentukan himpunan fuzzy, pembuatan aturan fuzzy(inference), fungsi implikasi dari setiap aturan dan Tahap terakhir adalah defuzifikasi. Dan Hasil lain dari penelitian ini bahwa fuzzy inference system mamdani dapat digunakan untuk penentuan kelayakan beasiswa sehingga beasiswa yang diberikan tersebut tepat dan objektif.

Keywords


Beasiswa, Metode MAMDANI, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Azeem, Fazle (2012),”Fuzzy Inference System – Theory and Applications”. Croatia : InTech Croatia

Kusumadewi, S, dan Purnomo, H. (2010). “Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan”, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Naba, Agus, Dr. Eng. (2009).“Belajar Cepat Fuzzy Logic menggunakan MATLAB”, Yogyakarta:Andi.

Sivanandam, S.N, Sumathi, S dan Deepa, S.N (2007). “Introduction to Fuzzy Logic using MATLAB”.Germany :Springer Berlin Heidelberg New York.

Sugiyono (2012).”Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, AlfaBeta, Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

William Siler and James J. Buckley(2005), “Fuzzy Expert Systems And Fuzzy Reasoning”, Published simultaneously in Canada.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v3i2.484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.