Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Chi-Squared Automatic Interaction Detection Analysis (CHAID) Untuk Memprediksi Mahasiswa Putus

Yudi Fadli, Fenty Ariani, Usman Rizal

Abstract


Universitas Bandar Lampung melahirkan wisudawan cukup banyak yang berkualitas, tetapi tidak luput dengan adanya mahasiswa yang Putus Studi karena berbagai macam masalah. Problematika perkuliahan di perguruan tinggi yang mencakup mahasiswa. Jika ditelusuri satu persatu tidak akan ada habisnya, salah satu persoalan yang masih menjadi bahan pembicaraan adalah mengenai mahasiswa berhenti studi (Putus Studi). Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan aset penting dalam kemajuan kehidupan suatu bangsa. Dalam persaingan suatu bangsa kemenangan akan ditentukan terutama oleh kualitas atau mutu sumber daya manusianya (Tampubolon, 2001). Salah satu variabel indikator efisiensi proses pendidikan adalah informasi mengenai lama masa studi mahasiswa, yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, pendapatan rata-rata Putus Studiga, nilai.Dalam penelitian ini, analisi Chi-Squared Automatic Interaction Detection Analysis (CHAID) akan diterapkan untuk menentukan segmentasi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung yang berlokasi di Bandar Lampung. Tujuan dari segmentasi ini adalah mengidentifikasi segmen mahasiswa non aktif dengan harapan resiko Putus Studi dapat diminimumkan. Data yang digunakan adalah status lama studi mahsiswadan data mahasiswa.

Keywords


Putus Studi, Chi-Squared Automatic Interaction Detection Analysis (CHAID)

Full Text:

PDF

References


R. Gunawan Santosa, 2004,Statistik, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Yohanes Sondang Kunto, 2006, Analisis CHAID Sebagai Alat Bantu Statistika Untuk Segmentasi Pasar (Studi Kasus: Koperasi Syari’ah Al-Hidayah.

Muhammad Hanief Meinanda, 2009, Prediksi Masa Studi Sarjana Dengan Artificial Neural Network.

Suhermin Mega khoirunnisak dan nur iriawan, 2009, Pemodelan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Berhenti Studi (Drop Out) Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Menggunakan Analisis Bayesian Mixture Survival..

Alfi dwi sukmawan, 2008, Pengertian Sistem Pendukung Keputusan.

Sahertian,1987, Faktor-FaktorTerjadinya Drop Out.

Baron danphilips, 2002,Pengertian danAnalisis CHAID.

A. RahmanRitonga, 1997, Statitstika Untuk Penelitian Psikologi dan Pendidikan, Penerbit Fakultas Ekonomi UI.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v3i1.475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.