https://socius.unesa.ac.id/css/
Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Bersalin Xaverius Tanjung Karang Bandar Lampung | Agustiani | EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Bersalin Xaverius Tanjung Karang Bandar Lampung

Reni Agustiani

Abstract


Rumah Bersalin XAVERIUS Tanjung Karang Bandar Lampung merupakan rumah bersalin yang berada dibawah naungan Yayasan Dwi Bhakti Bandar Lampung yang bergerak dalam bidang jasa yang selalu dituntut untuk memberikan pelayanan yang serba cepat, tepat dan akurat. Pemberian pelayanan yang nyaman merupakan suatu tujuan yang ingin dicapai oleh semua unit kerja untuk mennaga citra baik Rumah Bersalin. Sampai saat ini sistem informasi dalam proses pengolahan data masih dilakukan secara semi komputer, sehingga sering terjadi penumpukan data dan pencarian data yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Dalam hal ini akan mempengaruhi keterlambatan dalam penyajian informasi karena informasi yang dihasilkan belum dapat secara optimal. Untuk mempermudah kinerja dalam pemrosesan pengolahan data-data pasien khususnya rawat inap pada Rumah Bersalin XAVERIUS, penulis membuat suatu sistem baru dengan menggunakan program Microsoft Visual Basic 6.0 dengan menggunakan database SQL Server dan Crystal Report dalam pembuatan laporan, agar pengolahan data dapat dilakukan secara komputerisasi, sehingga dapat mempercepat proses pengolahan data pasien rawat inap sekaligus meningkatkan efektifitas kerja Rumah Bersalin XAVERIUS Tanjung Karang Bandar Lampung dengan pelayanan pasien yang lebih baik.

Full Text:

PDF

References


Budiharto, Widodo. 2004. Aplikasi Database dengan SQL Server & Visual Basic 6. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Hartono, Jogiyanto. 2001. Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Tersrtuktur dan Praktek Aplikasi. Jakarta.Andi Offset.

Hartono, Jogiyanto. 2002. Pengenalan Komputer: dasar Ilmu Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan. Yogyakarta : Edisi ketiga. Andi Offset.

Kurniadi, Adi. 2001. Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0. Jakarta. Elexmedia Komputindo.

Kadir, Abdul. 2003. Penuntun Praktis Belajar SQL. Yogyakarta. Andi Offset.

Tim penyusun Buku Panduan. 2007. Panduan Penulisan Laporan PKL, Proposal Tugas Akhir dan Tugas akhir. Bandar Lampung. Perguruan Tinggi TEKNOKRAT.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v2i1.466

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 318 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.