Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Dosen Berbasis Analytical Hierarchy Process (AHP)

Dewi Rima Pujiati

Abstract


Sumber daya manusia dalam konteks lembaga perguruan tinggi yang paling pokok adalah dosen, karena dosen berhubungan langsung dengan upaya pemberian jasa akademik bagi mahasiswa, yang sesungguhnya merupakan kegiatan inti dari perguruan tinggi.Oleh karena itu dosen perlu memiliki kompetensi atau kemampuan, yaitu kompetensi andragogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Melalui kompetensi tersebut dapat dilakukan suatu penilaian yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi dalam mendukung kinerja pada kegiatan proses belajar mengajar, hasil evaluasi tersebut dilaporkan ecara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan. Metode yang digunakan untuk system pendukung keputusan evaluasi kinerja dosen adalah AHP (Analitic Hierarchy Proses).Ada 4 kriteria yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan evaluasi kinerja dosen yaitu andragogik(perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran), profesional(penguasaan materi utama, penelitian, penguasaan materi tambahan), kepribadian(kebijaksanaan, kedisiplinan, pengendalian diri dan sosial(komunikasi dengan mahasiswa, komunikasi dengan teman sejawat, pengabdian masyarakat). Dengan menggunakan metode AHP (Analitic Hierarchy Proses) dapat ditentukan prioritas dosen yang mempunyai kinerja terbaik dengan efektif dan efisien.

Keywords


Analytical Hierarchi Process, Evaluasi Kinerja Dosen, Kompetensi

Full Text:

PDF

References


Adriyendi, Rachmadi. (2011). Aplikasi AHP (Analytical Hierarchy Process) sebagai Model SPK Pemilihan Dosen. seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Yogyakarta.

Agung, SE, MM. (2010). Evaluasi Kinerja Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Ditintau dari Persepsi Mahasiswa, UHAMKA. Jakarta.

Ariyani, Fitria. (2009). Sistem Penilaian Kinerja Dosen Berdasarkan Tridarma Perguruan Tinggi. Jurnal Kajian Ilmiah Lembaga Penelitian Ubhara.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Evaluasi Program Pendidikan . Bumi Aksara. Jakarta.

A. Suhendar, S.Si. Hariman Gunadi S.Si. (2002) Visual Modelling menggunakan UML dan Rational Rose. Informatika. Bandung.

Mujtahid, mengenal konsep profesional, diakses 29 juli 2011, dari fakultas Tarbiyah UIN Maliki Malang.

Ratnawati, Y. (2002) motivasi Faktor Kunci Untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi, Jurnal Poltek Yogyakarta.

Rochmasari, Lia, Suprapendi, Subagyo, Hendro. (2007). Penentuan Prioritas Usulan Sertifikasi Guru Dengan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process) Jurnal Informatika Pertanian Jakarta.

Rosidin, Undang. (2009). Evaluasi Program Kepegawaian, Universitas Lampung. Lampung.

Rosidin, Undang. (2011). Evaluasi Program dan Hasil Belajar. AURA. Lampung.

Susila, Wayan R, Munadi, Ernawati. (2007). Penggunaan AHP (Analytical Hierarchy Process) Untuk Penyusunan Prioritas Proposal Penelitian. Jurnal Teknologi Informasi, Jakarta.

Supriono, Arya, Wardana Wisnu, Sudaryo, (2007), Sistem Pemilihan Pejabat Struktural Dengan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process, seminar Nasional III, Yogyakarta.

Saaty, Thomas L. (1990). Analytical Hierarchy Process, theory, Metodologi, Process and Application. Upper Saddle River : Prentice Hall.

Tim Penyusun, (2011), Pedoman Beban Kinerja Dosen. Jakarta.

Tim Penyusun, (2010), Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.

Tim Redaksi Fokusmedia, (2008), Standar Nasional Pendidikan, Fokusmedia, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v2i2.425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.