https://socius.unesa.ac.id/css/
Analisis Sistem Pembelajaran Online XYZ Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) | Elizabeth | EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Analisis Sistem Pembelajaran Online XYZ Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Triana Elizabeth, Tinaliah Tinaliah

Abstract


Universitas XYZ memiliki suatu Sistem Pembelajaran Online XYZ yang telah diimplementasikan pada tahun 2019 melengkapi sistem yang sebelumnya sudah ada yaitu Sistem Pembelajaran Online dan Interaktif XYZ. Namun, masih belum diketahui apakah Sistem Pembelajaran Online XYZ telah diterima dengan baik oleh dosen maupun mahasiswa. Oleh sebab itu, perlu dilakukan analisis untuk mengetahui bagaimana atau seberapa besar penerimaan dan pemahaman dosen beserta mahasiswa terhadap penggunaan Sistem Pembelajaran Online XYZ. Technology Acceptance Model (TAM) adalah salah satu model yang dapat digunakan untuk mengetahui hal ini. Terdapat 4 variabel yang akan diukur yaitu tingkat kepercayaan terhadap penggunaan Sistem Pembelajaran Online XYZ (perceive usefulness), tingkat kepercayaan bahwa Sistem Pembelajaran Online XYZ akan memudahkan dalam proses perkuliahan dibandingkan sebelum adanya sistem (perceive ease of use), sikap positif atau negatif dari pengguna yaitu dosen dan mahasiswa terhadap Sistem Pembelajaran Online XYZ (attitude toward using), dan penggunaan aktual (actual usage). Angket/ kuesioner disebar ke dosen dan mahasiswa sebagai data utama untuk diproses. Data akan diolah dan dianalisis melalui aplikasi statistik SPSS. Setelah melakukan uji validitas, reliabilitas, dan analisis regresi berganda maka hasilnya adalah 3 hipotesis terbukti benar. 


Keywords


Regresi; Berganda; Reliabilitas; SPSS; TAM; Validitas

Full Text:

PDF

References


F. D. Davis, “Davis 1989.pdf,” MIS Quarterly, vol. 13, no. 3. 1989.

I. Ajzen, M. Fishbein, I. Atomic, E. Agency, T. Federal, and T. Commission, “Theory of reasoned/Theory of planned behavior,” Soc. Psychol. (Gott)., vol. 2007, 1980.

U. Sekaran, “Data Primer & Sekunder,” in Research Methods For Business (Metode Penelitian Untuk Bisnis), 2011.

P. Dixon and P. Woolner, “Quantitative Data Analysis: Using SPSS,” in Research Methods in Educational Leadership & Management, 2016.

O. J. F. Wassalam, R. Umar, and A. Yudhana, “Pengukuran Kesuksesan Implementasi E-Learning dengan Metode TAM dan UTAUT,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 6, no. 1, 2020, doi:

26418/jp.v6i1.37938.

R. N. Rahmawati and I. M. Narsa, “Penggunaan e-learning dengan Technology Acceptance Model (TAM),” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 2, 2019, doi: 10.21831/jitp.v6i2.26232.

J. Iqbal and A. -, “Metode Pembelajaran E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Modelling (TAM) Untuk Pembelajaran Akuntansi,” InFestasi, vol. 14, no. 2, 2019, doi: 10.21107/infestasi.v14i2.4856.

M. Mulyati, A. Aryo P, and D. Pandora K, “Pengaruh Kualitas Sistem dan Informasi Pada Sistem Informasi Pembelajaran Online Terhadap Minat Pengguna Dan Penggunaan Sistem (Studi Kasus: Simponi Amik Mdp, Stmik Gi Mdp Dan Stie Mdp),” J. TAM ( Technol. Accept. Model ), vol. 8, 2017.

D. Sugiyono, Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D / Sugiyono. 2018.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Ilmiah. 2010.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS. 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/expert.v11i1.1959

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.