PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS MOBILE PADA RESTORAN LOKAL DI BANDAR LAMPUNG

Melda Agarina, Nurul Hikmah Afnil

Abstract


Kota Bandar Lampung merupakan salah satu kota yang memiliki banyak restoran lokal yang menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan di luar kota bandar lampung maupun bagi masyarakat lampung sendiri. Restoran-restoran lokal dibandar lampung memiliki menu-menu andalan yang tidak kalah nikmat dari restoran-restoran luar lampung ataupun luar negeri maupun restoran pewaraba (franchise). Dalam perkembangan teknologi yang terus maju,diharapkan mampu membantu perusahaan dalam memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggannya. Salah satunya pelayanan bagi pelanggang. Saat ini beberapa rumah makan di bandar lampung masih menggunakan cara manual untuk pemesanan makanan dan minuman dimana pelayan menggunakan kertas dan pena/pensil sebagai media untuk mencatat dan memesan makanan dan minuman yang  dipesan pelanggan. Prosedur pemesanan nya adalah konsumen memesan dengan dating secara langsung maupun via telepon memesan meja makan atau menu yang tersedia lalu membayar di tempat. pengunjung yang ramai kurang terlayani dengan lambat menunggu pelayanan untuk memesan makanan.Pelayanan yang mengalami uncontrolled untuk mengatur jumlah pesanan yang banyak, pembayaran secara konversional juga mengatur stok makanan dan minuman yang ada pada menu rumah makan. Dalam perangan system informasi Berbasis Mobile Pada Restoran Lokal Di Bandar Lampung menggunakan bahasa pemograman php, html, Database MySQL.Metode sistem yang digunakan adalah Structured Systems Analysis and Design (SSAD). Sistem informasi rumah makan telah dibuat sehingga proses pembokingan menjadi lebih mudah untuk mengakses segala bentuk informasi mengenai rumah makanmelalui mobile yang telah tersedia. Selain itu pengunjung lebih mudah melakukan pemesanan makanan dan minuman serta pengiriman menjadi lebih cepat dan akurat.

Keywords


Pemesanan, Pembokingan, Pembayaran

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Candra, Y. W. (2017). Sistem Informasi Reservasi Cafe (Studi Kasus : Minie Cafe Kota Kediri). Simki-Techsain, 1-11.

Kusnawi. (2013). Perancangan Sistem Informasi Pemasanan Meja dan Makanan (Studi Kasus Restoran ABC). Jurnal DASI, 40-43.

Manggala Raka Perkasa, R. K. (2016). Restoran Dengan Aplikasi Pemesanan Restoran Berbasis Mobile Dalam Jaringan Lokal. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 289-294.

Rosa A.S, & M. Shalahuddin. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Wijaya, A. B. (2013). Pembuatan Sistem Informasi Pada Restoran “X” Dengan Cliet Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v8i2.1115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.