ANALISIS KOORDINASI DAN IKLIM KERJA DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA TASIKMALAYA

Ani Heryani

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini terutama ingin menguji tentang (1) Bagaimana pelaksanaan Koordinasi pegawai dalam efektivitas Kerja Pada Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga  Kota Tasikmalaya, (2) Bagaimana Iklim kerja Pada  Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga  Kota Tasikmalaya. (3) Bagaimana efektivitas Kerja Pada  Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga  Kota Tasikmalaya.

Desain penelitian ini adalah survey dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner sebagai instrumen utama, disamping wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden penelitian ini adalah Aparat Pada Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga  Kota Tasikmalaya. Sedangkan analisis dilakukan yaitu Analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan presentase dengan kategori, Analisis dengan menggunakan kuesionar.

Hasil penelitian menunjukan bahwa baik koordinasi maupun iklim kerja mempunyai sudah dilakukan, namun belum sepenuhnya meningkatkan Efektivitas Kerja Pada  Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga  Kota Tasikmalaya,  dengan tingkat kepercayaan cukup sehingga pelaksanaan koordinasi dan iklim kerja masih perlu terus ditingkatkan agar efektivitas kerja pegawai dapat optimal, sesuai tugas pokok dan fungsi Pada  Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga  Kota Tasikmalaya.

 

Kata Kunci:  Koordinasi, Iklim Kerja, Efektivitas kerja.


Full Text:

PDF

References


Nugroho, R., 2003 Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi, Jakarta, Elex Media Komputindo.

Parasuraman, Zeithaml Berry, 1988. ServQual: A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perception Of Service Quality, Journal of retailing.

Parsons, Wayne., 2006., Public Policy, Alih bahasa Santoso, Jakarta, Prenada Media Group.

Ripley, R, and G. Franklin, 1982. Bureaucracy and Policy Implementation, Dorsey Homewood, III.

Rogers, D., and D. Whetten et.all., 1982. Interorganizational Coordination; Theory, Research and Implementation, IowaState University Press, Ames, Iowa.

Siagian, Sondang P., 1994. Administrasi Pembangunan. Jakarta: Haji Masagung.

________, 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara.

Sitepu, Nirwana, SK., 1994. Analisis Jalur (Path Analysis), Bandung, Unit Pelayanan Statistika, Jurusan Statistik Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran.

Setiawan, R. (2016). Peranan Etika Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung. Jurnal e-JKPP. Vol. 2 (2).

Smith, B.C., 1977. Policy Making in British Government, London : Martin Robertson.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Tjokroamidjojo, Bintoro dan AR. Mustopadidjaja, 1991. Kebijaksanaan dan Administrasi Pembangunan : Perkembangamn Teori dan Penerapan, Jakarta : Masagung.

Tjokrowinoto, Moeljarto, 1976., Pembangunan Dilema dan Tantangan, Jakarta, Pustaka Pelajar.

-------------, 1987., Politik Pembangunan, Analisis Konsep, Arah dan Administrasi Pembangunan, Yogyakarta, Tiara Kusuma.


Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.