PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAHAN DESA (BPMPD) PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Adrian Tawai

Abstract


ABSTRAK

Pengaruh Pemberian Reward dan Disiplin terhadap Kinerja Pegawai Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Sulawesi Tenggara. Program Studi Administrasi Pembangunan Pascasarjana Universitas Halu Oleo.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji dan menganalisis pengaruh pemberian reward terhadap kinerja pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Sulawesi Tenggara ; (2) Mengkaji dan menganalisis pengaruh disiplin pegawai terhadap kinerja pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Sulawesi Tenggara. (3) Mengkaji dan menganalisis pengaruh pemberian reward dan disiplin pegawai secara simultan terhadap kinerja pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Sulawesi Tenggara.

            Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berada dalam lingkup Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi Sulawesi Tenggara terkecuali pimpinan instansi (Kepala Badan), yang berjumlah 98 orang dan penelitian bersifat sensus sehingga tidak perlu dilakukan proses sampel.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Pemberian Reward berpengaruh terhadap kinerja Pegawai pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi Sulawesi Tenggara. ; 2) Disiplin berpengaruh terhadap kinerja Pegawai pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi Sulawesi Tenggara., serta 3). Pemberian Reward dan disiplin secara simultan berpengaruh terhadap kinerja Pegawai pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Kata Kunci ; Reward, Disiplin, Kinerja.


Full Text:

PDF

References


Abdulloh, 2006. Pengaruh Budaya Organisasi, Locus Of Control Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pelayanan Pajak Semarang Barat, Tesis, Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana, Universitas Diponegoro Semarang.

Akbar, Zulkifli. 2009. Pengaruh Tingkat Pendidikan, pendidikan berkelanjutan, komitmen organisasi, sistem reward, pengalaman dan motivasi auditor terhadap kinerja Auditor Inspektorat Provinsi Sumatera Utara. Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara. Medan.

Amin, Ayu Novita. 2014. Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Nusantara Card Semesta Cabang Makassar. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Anggoro, 2009. Metode Penelitian. Universitas Terbuka. Jakarta

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian. Rinela Cipta.Jakarta

Bangun, Wilson, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, Erlangga, Bandung.

Bernardin, H. John and Joyce, E.A. Russel, 2000, Human Resource Management, Alih Bahasa Diana Hertati, Mc. Graw Hill, Inc. Singapura.

Cecilia, Engko dan Gudono. 2007. Pengaruh Kompleksitas Tugas dan Locus of Control terhadap Hubungan dan Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja Editor. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 11(2): 105-124.

Dharma, Agus. 2004. Manajemen Prestasi Kerja. Rajawali, Jakarta.

Dressler, Gerry, 2004. Human Resource Management Edisi 7 Jilid I. Alih Bahasa Benyamin Molan. PT. Prenhallindo, Jakarta.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Semarang

Setiawan, R. (2016). Peranan Etika Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung. Jurnal e-JKPP. Vol. 2 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/ejkpp.v3i3.960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.