ANALISIS MANAJEMEN MUTU TERPADU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PRINGSEWU

Hasrun Oganda

Abstract


Tujuan penulisan tesis ini adalah : (1) untuk mengetahui, menganalisa, dan menjelaskan bagaimana penerapan manajemen mutu terpadu di Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu, (2) untuk mengetahui, menganalisa, dan menjelaskan faktor-faktor apa saja yang menghambat penerapan manajemen mutu terpadu di Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu.

 

Metode penelitian yang digunakan tergolong ke dalam tipe deskriptif dengan menggunakan analisis kualitatif. Sumber data yang diambil dalam penelitian ialah Direktur, Pejabat Struktural, Dokter, Perawat, Staf Fungsional Umum dan Khusus serta Masyarakat penerima jasa pelayanan kesehatan.

 

Hasil penelitian menunjukkan penerapan manajemen kualitas total di Rumah Sakit Umum Pringsewu cukup baik. Layanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Pringsewu pada pasien yang sudah memenuhi standar pelayanan minimum. Beberapa faktor yang menghambat pelaksanaan manajemen mutu terpadu di Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu adalah keterbatas tenaga, pemeliharaan sarana dan prasarana, serta rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga fasilitas umum.

 

Kata kunci : Manajemen Mutu Terpadu, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF

References


Setiawan, R. (2016). Peranan Etika Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung. Jurnal e-JKPP. Vol. 2 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/ejkpp.v3i2.878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.