STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI MELALUI PERBAIKAN KOMUNIKASI DAN MOTIVASI KERJA PADA BAGIAN UMUM DAN PERLENGKAPAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN TULANG BAWANG

deri yani

Abstract


Strategi atau faktor yang tidak bisa diabaikan dalam rangka peningkatan kinerja pegawai adalah komunikasi, hal ini mengingat karena organisasi terdiri dari personil yang saling bekerja sama, berhubungan, beraksi, berinteraksi dan berkomunikasi dalam berbagai tugas organisasional untuk mencapai tujuan organisasi. Strategi lain yang sangat penting dalam peningkatan kinerja pegawai adalah motivasi kerja. Seorang pegawai akan menghasilkan kinerja yang tinggi jika pegawai termotivasi dalam bekerja. Penelitian ini berangkat dari masalah berdasarkan observasi awal yaitu rendahnya kinerja pegawai pada Bagian Umum dan Perlengkapan Setdakab Tulang Bawang, gejala yang muncul adalah disiplin kerja masih rendah.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mengkaji apakah melalui perbaikan komunikasi dan motivasi merupakan strategi yang efektif dalam peningkatan kinerja pegawai pada Bagian Umum dan Perlengkapan Setdakab Tulang Bawang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis data kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

 

Secara umum hasil penelitian ini ádalah sebagai berikut 1) Melalui perbaikan komunikasi merupakan strategi yang efektif dalam peningkatan kinerja pegawai pada Bagian Umum dan Perlengkapan Setdakab Tulang Bawang. Komunikasi yang ada secara keseluruhan sudah berjalan efektif, namun komunikasi yang berkaitan dengan tugas perlu dilakukan pembenahan. 2) Melalui perbaikan motivasi kerja merupakan strategi yang efektif dalam peningkatan kinerja pegawai pada Bagian Umum dan Perlengkapan Setdakab Tulang Bawang. Motivasi pada bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Tulang Bawang secara keseluruhan sudah berjalan baik, meskipun masih terdapat persepsi informan yang menyatakan bahwa kebutuhan fisiologis pegawai perlu mendapat perhatian khususnya yang berkaitan dengan pemberian insentif

 


Full Text:

PDF

References


Setiawan, R. (2016). Peranan Etika Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung. Jurnal e-JKPP. Vol. 2 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/ejkpp.v2i3.806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.