PENGARUH PERENCANAAN PARTISIPATIF DAN PENGAWASAN MASYARAKAT TERHADAP IMPLEMENTASI DANA DESA (Studi di Desa Fajar Baru Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan)

erwin putubasai

Abstract


      Dana desa yang digulirkan pemerintah dalam penggunaannya harus melibatkan partisipasi masyarakat untuk pembangunan berbasis masyarakat.  Pembangunan berbasis masyarakat dapat diartikan sebagai pembangunan yang mengacu kepada kebutuhan masyarakat, direncanakan, dan dilaksanakan oleh masyarakat dengan sebesar-besarnya memanfaatkan potensi sumber-daya (alam, manusia, kelembagaan, nilai-nilai sosial-budaya,) yang ada dan dapat diakses oleh masyarakat setempat.

      Desa Fajar Baru Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan termasuk salah satu desa yang menerima aliran dana desa tersebut, dan dalam pengelolaan dana desa inilah yang menarik untuk dilakukan penelitian mengenai apakah partisipasi masyarakat melalui musrenbang dalam perencanaan penggunaan dana desa sudah dilaksanakan agar dalam penggunaan dana desa yang terserap nantinya dapat benar-benar menyentuh kepentingan publik dan sesuai dengan rencana pembangunan yang telah ditetapkan sebelumnya. Pengalokasian dana desa tersebut juga diperlukan fungsi Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) sebagai pengawas agar dana tersebut tersalurkan untuk kepentingan pembangunan di desa, pengawasan yang dijalankan oleh Badan Pemusyawaratan Desa (BPD)  terhadap pemakaian anggaran desa dilakukan dengan melihat rencana awal program dengan realisasi pelaksanaannya.

      Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui dan menganalisis pengaruh  perencanaan partisipatif dan pengawasan masyarakat terhadap implementasi dana desa di Desa Fajar Baru Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung baik secara parsial maupun secara simultan. Adapun tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 38 orang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif Secara umum hasil peneltian ini ádalah sebagai berikut: 1) Perencanaan partisipatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap impelementasi dana desa. 2) Pengawasan masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap impelementasi dana desa. 3) Perencanaan partisipatif dan pengawasan masyarakat secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap impelementasi dana desa di Desa Fajar Baru kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung.

Kata Kunci:  perencanaan partisipatif, pengawasan masyarakat dan dana desa


Full Text:

PDF

References


Setiawan, R. (2016). Peranan Etika Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung. Jurnal e-JKPP. Vol. 2 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/ejkpp.v2i3.805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.