ANALISIS KINERJA LAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) PADA KANTOR KECAMATAN WAY HALIM KOTA BANDAR LAMPUNG.

Eka Suaib, Dita Adi Kurniawan

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : (1) Mengapa kinerja layanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pada Kantor Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung, belum Optimal, (2) Aspek-Aspek apa saja yang menghambat dan mendukung kinerja layanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pada Kantor Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung, (3) Upaya apa yang telah dan harus dilakukan pemerintah untuk mencapai kinerja yang prima.

Desain penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Penggunaan metode ini adalah untuk mendeskripsikan Koordinasi dan Efektivitas organisasi Pada Kantor Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung, mengkaji secara kualitatif, bagaimana Seluruh data diperoleh langsung dari informan dilapangan dengan menggunakan wawancara dan obsevasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja layanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kecamatan Way Halim pada dasarnya sudah dilaksanakan kepada masyarakat. Namun karena keterbatasan blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dikirim dari pusat, Kemudian dalam pelayanan Kartu Tanda Penduduk masih terjadi penyimpangan tindakan, sikap atau tingkah laku aparat, diantaranya masih ada aparat yang mengadakan pungutan liar tentang pengurusan Kartu Tanda Penduduk. Kemudian sarana dan prasarana yang masih relatif kurang baik, serta pemeliharaan sarana dan prasarana yang belum sepenuhnya dilakukan oleh aparatur kecamatan, karena relatif kurangnya biaya pemeliharaan yang diberikan oleh pemerintah pusat, serta kualitas sumber daya manusia yang bertugas bagian pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih perlu di berikan pendidikan dan pelatihan.

Untuk mencapai target kerja, maka Kecamatan Way Halim harus bekerja secara optimal, untuk itu maka perlu pembenahan dan pembinaan secara berkesinambungan pada bagian-bagian yang rawan terjadinya hambatan dan secara simultan, berupa pelatihan atau penataran bagi aparatur sebagai pelayan publik.


Keywords


Kinerja, Layanan, Kartu Tanda Penduduk.

Full Text:

PDF

References


As’ad, Muhammad. 1991. Kinerja Sebagai Media Peningkatan Drajad Dalam Konteks Industrialisasi. Bandung, Geneca.

Dwiyanto Agus, dkk. 2006. Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik di Indonesia.

Yogyakarta, Gadjah Mada University Pers.

Handoko. 1988. Kinerja dan Tingkat Emosiona. Surabaya. Pratama.

Ibrahim,R, 1997, Prospek badan Usaha Milik Negara dan Kepentingan Umum, Bandung , PT Citra Aditya Bhakti,.

Keban, Yeremies T. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep Teori dan Isu. Jakarta, Gaya Media.

Kumorotomo, Wahyudi. 1996. Meningkatnya Kinerja BUMN: Antisipasi Terhadap Kompetisi dan Kebijakan Deregulasi, Yokyakarta , JKAP No. 1.

Moenir, H.A.S. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta, Bumi Aksara.

Napitupulu, Paimin. 2007. Pelayanan Publik & Customer Satisfaction: Prinsip- Prinsip Dasar Agar pelayanan Publik Lebih Berorientasi Pada Kepuasan dan Kepentingan Masyarakat. Bandung, Alumni.

Sedarmayanti. 2007. Manajemen Sumber daya Manusia : Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung, Refika Aditama.

Sinambela, Lijang Poltak dkk. 2008. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi, Jakarta, Gramedia.

Suprapto, J, 1997, Pengukuran Tingkat Kepuasaan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta, Rineka Cipta.

Surjadi. 2009. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung, Refika Aditama.

Suryabrata, Sumadi. 1983. Metodologi Penelitian. Jakarta, Grafindo Persada. Taylor, Steven J. dan Bogdan, Robert. 1984. Intoduction to Qualitative Research

Methods: the Search for Meaning. New York, Wiley & Sons. Inc.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.