Tanggung Jawab Badan Pengawas dalam Koperasi sebagai Badan Usaha Berbadan Hukum

Meita Djohan Oelangan

Abstract


Koperasi sebagai suatu badan usaha yang berbadan hukum secara ideal bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, selain itu keperasi metupakan soko guru perekonomian Indonesia. Dalam kegiatan usaha koperasi badan pengawas sebagai salah satu alat perlengkapan dalam koperasi memegang peranan dalam menentukan kesehatan jalannya usaha yang dikelola oleh pengurus. Permasalahan dalam hal ini adalah malihat bagaimana tanggungjawab badan pengawas sebagai slah satu organ yang ada dalam koperasi Pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan normative. Analisa data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa Badan Pengawas mempunyai Kedudukan yang penting karena badan pengawas bertugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan atas pengelolaan keperasi. Tanggung Jawab badan pengawas kepada rapat anggota, adalah sesuatu yang menjadi  tuntutan dari apa yang telah dilaksanakan oleh badan pengawas dalam menjalankan tugasnya. Tanggung jawab badan pengawas meliputi tanggung jawab dalam kegiatan pengawasan terhadap kebijaksanaan pengelolaan usaha koperasi, tanggung jawab dalam membuat laporan yang baik.

Keywords


Koperasi;badan pengawas; tanggung jawab

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Pandji. 1992, Dinamika Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1987. Sistem Pengelolaan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayaningrat, Soewarno. 1994. Pengantar Studi llmu Administrasi dan Manajemen. CV. Haji Masa Agung. Jakarta.

Muhammad, Abdulkadir. 1995. Pengantar Hukum Perusahaan Indonesia. PT. Citra Aditya. Bandung.

Partadireja. Atje. 1986. Manajemen Koperasi. Bharata Karya Aksara. Jakarta.

Kartasapoetra. G. 1991. Koperasi Indonesia yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. PT. Bina Aksara. Jakarta

Soekanto, Soerjono. 1984. Pengantar Penelitian Hukum. UI Press. Jakarta.

U. Purwanto. 1989. Petunjuk Teknis tentang Cara Mendirikan dan Mengelola Koperasi di Indonesia. Aneka llmu Semarang.

Departemen Perdagangan dan Koperasi. 1980. tentang Petunjuk Teknis Pemeriksaan Terhadap Koperasi/KUD. Direktorat Jenderal Koperasi Jakarta.

Departemen Perdagangan dan Koperasi. 1981. tentang Pedoman Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab Badan Pemeriksa Koperasi. Direktorat Jenderal Koperasi. Jakarta.

Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992. Tenrang Perkoperasian.

Oelangan, Meita Djohan. 2009. Tanggung Jawab Badan Pengawas dalam Koperasi sebagai Badan Usaha Berbadan Hukum. Universitas Bandar Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.