Analisis Investasi Bangunan Ruko Dengan Metode Break Event Point, Payback Periode, Dan Net Present Value

A Ikhsan Karim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku statis elemen struktur balok beton bertulang pracetak yang disambung dengan sambungan basah. Benda uji yang digunakan adalah balok beton bertulang 30 MPa dengan 6 buah tulangan utama diameter 8 mm yang diletakkan di atas dua tumpuan sendi rol pada masing-masing ujungnya mempunyai penampang prismatis segi empat 10x18 cm2. Sambungan basah adalah sambungan yang menggunakan bahan beton polimer 40 MPa dengan metoda penyambungan menggunakan metoda prepacked. Kajian perilaku statis pada model benda uji untuk mengetahui kekuatan lentur struktur, kekakuan dan pola retak struktur balok akibat beban statis yang diletakkan di tengah bentang. Beban statis adalah beban mempunyai arah dan besarĀ  tetap. Hasil kajian struktur beton yang disambung kemudian dibandingkan dengan struktur yang tanpa sambungan (monolit). Kekuatan balok dengan sambungan basah lebih kecil daripada kekuatan balok monolit.

Keywords


Break Event Point; Payback Periode; Net Present Value.

Full Text:

PDF

References


I Nyoman Pujawan, 1995. "Ekonomi Teknik Edisi Pertama Cetakan Kedua". Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Guna Widya Surabaya, Indonesia.

Eugene L. Grant, W. Grant Ireson, Richard S. Leavenworth, 1993. "Dasar - Dasar Ekonomi Teknik Jilid 1". PT. Rineka Cipta Jakarta, Indonesia.

Gatut Susanta, 2007. "Panduan Lengkap Membangun Rumah Toko". PT. Penebar Swadaya Jakarta, Indonesia.

"Pajak Bumi Dan Bangunan Seri 01". Direktorat Jenderal Pajak 2007. Bandar Lampung, Indonesia.

"Pajak Penghasilan Seri V Direktorat Jenderal Pajak 2007. Bandar Lampung, Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v5i1.899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.