https://socius.unesa.ac.id/css/
Penerapan Sistem Pelayanan Otomatis Berbasis Teknologi RFID Untuk Mengeliminasi Antrian Di Pintu Tol | Sodikin | Jurnal Teknik Sipil

Penerapan Sistem Pelayanan Otomatis Berbasis Teknologi RFID Untuk Mengeliminasi Antrian Di Pintu Tol

. Sodikin, . Suwarno, Eko Supriyanto

Abstract


Sistem pelayanan otomatis berbasis teknologi RFID dalam sistem pelayanan di pintu tol bukanlah hal baru, namun ketika teknologi tersebut didesain untuk dikembangkan dan diterapkan di Indonesia, maka banyak hal yang secara khusus akan membedakan dengan sistem RFID yang diterapkan di beberapa negara lain. Perbedaan dimaksud terutama pada karakteristik lalu lintas, pengemudi dan jenis atau golongan kendaraan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memperoleh keputusan teoritis dan menghasilkan suatu produk pendukung bagi penerapan sistem pelayanan pintu tol yang mampu mengeliminasi antrian di pintu tol, dimana teknologi yang digunakan disesuaikan dengan golongan kendaraan dan karakteristik lalu lintas serta pengguna jalan tol di Indonesia. Kendaraan yang telah terpasang Tag RFID memasuki pintu tol yang bertanda RFID. Saat kendaraan memasuki pintu tol, maka RFID reader yang terpasang pada toll-gate akan membaca data dari Tag RFID dan mengirimkan ke pusat pengolah data. Data tersebut merupakan data tentang ID dan lokasi gerbang masuk tol. Sensor IR1 dan IR2 akan aktif mengidentifikasi adanya kendaraan yang memasuki gerbang tol. Kondisi aktif dari sensor IR1 dan IR2 ini digunakan sebagai validasi data yang diambil oleh RFID reader. Apabila kendaraan tanpa Tag RFID memasuki gerbang tol berdasarkan sensor IR1 dan IR2 maka pusat unit kendali akan mengaktifkan perangkat enforcement sehingga kendaraan tersebut dialihkan ke jalur pengambilan tiket, sedangkan kendaraan yang menggunakan Tag RFID akan langsung masuk ke jalur tol. Saat kendaraan dengan Tag RFID keluar pintu tol, maka RFID reader yang terpasang pada toll-gate akan membaca data dari Tag RFID dan mengirimkan data ke pusat pengolah data. Data tersebut merupakan data tentang ID dan lokasi gerbang keluar tol. Sensor IR1 dan IR2 akan aktif mengidentifikasi adanya kendaraan yang akan keluar gerbang tol dan kondisi ini digunakan sebagai validasi data yang diambil oleh RFID reader. Apabila kendaraan tanpa Tag RFID akan keluar dari gerbang tol berdasarkan sensor IR1 dan IR2 maka pusat unit kendali akan mengaktifkan perangkat enforcement sehingga kendaraan tersebut dialihkan ke jalur pembayaran tiket. Sedangkan kendaraan yang menggunakan tag RFID akan langsung keluar jalan tol.

Keywords


Tag RFID, RFID Reader, enforcement

Full Text:

PDF

References


Alvinsyah dan Sutanto Soehodho,2001,Penentuan Jumlah Gerbang Tol yang Dioperasiakan Berdasarkan Hibrida Model Tingkat Pelayanan dengan Logika Fuzzy,Simposium IV FSTPT, Udayana-Bali

Berita Jalan Tol, No.37 Tn IV 1985

Bronson,R. 1988, Operations Research, Schaum Series,edisi Kesatu, Erlangga-Jakarta

Burris, M.W.2003 Application of Variable Tolls on Congested Toll Road, Journal of Transportation Engenering,ASCE/July/August

Hobbs, F.D. 1995, Perencanaan dan Teknik lalu Lintas, cetakan pertama,Gadjah Mada University Press-Yogyakarta

Info Tol,2009,http/www.JasaMarga.or.id

Lin,F.B.and Su, C.W. 1994.Level of Service Analysis of Toll Plazas on Freeway Main Lines, Journal of Tranportation Engineering, ASCE,Vol.120, No.2 March/April,246-263pp.

Majalah Teknik Jalan dan Transportasi, No.078 Jan/Feb Thn IX,PT.Jasa Marga

Martin, B.V. and Wohl, M. 1967, Traffic System Analisys for Engeneers and Planner,McGraw-Hill Book Company

Morlok,E.K. 1995, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi,Cetakan Keempat,Erlangga-Jakarta

Oglesby. C.H dan Hick R.G. 1991, Teknik Jalan Raya,Erlangga,Jakarta

Salter,R.J.1980, Higway Traffic Analisys and Design, The MacMillan Press Ltd-London

San Diego State University Foundation (SDSU),1998,1-15 Congestion Pricing Project-Monitoring and Evaluation Services-Task 3.1.12 Phase I Cost of Delay Study, San Diego Association of Goverment,San Diego,California

Schrank,D.,and Lomax,T.2001,Urban Mobility Study, Texas Transprtasion Institute, Texas A&M University, College Station, Tex

Sodikin, 1996, Analisa dan Pemecahan Masalah Kemacetan Lalu Lintas di Gerbang Tol (Studi Kasus Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jatibening), Skripsi,Universitas Sebelas Maret Surakarta

Sodikin, 2003, Penanggulangan Kemacetan Lalu lintas di Gerbang Tol dengan Konfigurasi Gardu Pelayanan Paralel-Seri (Laporan Akhir Penelitian Dosen Muda), Jurnal Widyatama,Univet Bantara Sukoharjo Press

Sodikin, 2007, Eliminasi Antrian di Gerbang Tol dengan Sistem Pelayanan Berjalan, Jurnal Widyatama,Univet Bantara Sukoharjo Press

Smith,L. 2003, ITS Decision,Electronic Toll Collection (ETC), Institute of Transportation Studies at University of California at Barkeley and Caltrans.

Sweroad,1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Bina Marga

Taha,A.H. 1993, Operations Research:An Introduction, Fourth Editions,MacMillan Publishing Company,USA

Tamin, O.Z. 2000, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi,Edisi Kedua,Departemen Teknik Sipil,ITB,Bandung

Tamin, O.Z. 2003, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi: contoh soal dan aplikasi, Edisi Kesatu, Teknik Sipil,ITB,Bandung

Transportation Research Board, 1985,Highway Capacity Manual,Special Report : 209, National Research Council-Washington,D.C

Warpani, S. 1985,Rekayasa Lalu lintas,Edisi Kesatu, Bhratara Aksara-Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v2i1.260

Article Metrics

Abstract view : 410 times
PDF - 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.