Penentuan Daya Kompresor Air Conditioning (AC) Pada Kendaraan Bus

Zein Muhamad

Abstract


Kendaraan  merupakan sarana transportasi yang vital bagi masyarakat guna mempermudah dan mempercepat perpindahan manusia dari suatu tempat/ daerah ketempat/daerah lain dengan lebih cepat, aman dan nyaman.  Bus dengan kapasitas yang besar dengan penumpang di atas 50 orang yang beroperasi antar kota ataupun antar propinsi, memerlukan performance tertentu guna dapat memberikan   keamanan dan kenyamanan bagi penumpang dalam perjalanan.

       Perusahan Bus yang memiliki kurang lebih 300 Bus angkutan antar kota dan antar propinsi ada yang dilengkapi dengan system penyegaran udara (AC) dan ada pula yang tidak. Pada kendaraan Bus yang menggunakan penyegaran udara ada pula yang tidak menggunakan komponen-komponen utama standard yang terpasang dari pebrikannya; seperti kompresor, kondensor, katup ekspansi dan lainnya.   Kompresor dalam system penyegaran  udara  dapat  dianalogikan  dengan  jantung  pada  tubuh  manusia,  yang berfungsi mengisap dan memompa zat pendingin (refrigerant) yang bersirkulasi dalam system.

       Dalam  penelitian  ini  ditemukan bahwa ada beberapa  bus  yang kompresornya  bukan merupakan kompresor standard dari pebrikan.  Untuk itu dilakukan perhitungan terutama terhadap beban pendinginan, koefisien prestasi dan daya kompresor.

       Dari hasil penelitian dan perhitungan yang dilakukan maka deperoleh parameter- parameter sebagai berikut:     Kalor ekuivalen sebagai kerja kompresor sebesar 9,452 kkal/kg; jumlah refrigeran yang bersirkulasi sebesar 289,25 kg/jam; beban pendinginan evaporator sebesar 4154,66 kkal/jam;   daya kompresor hasil perhitungan sebesar 5,71 kW; daya kompresor aktual sebesar 11,95 kW dan koefisien prestasinya (COP) sebesar 3,94.  Sedangkan daya kompresor yang dipersyaratkan  adalah sebesar 10 s/d 15 Kw.


Keywords


Penyegaran udara; beban pendinginan; daya kompresor; koefisien Prestasi.

Full Text:

PDF

References


Althouse, Turnquist, Bracciano, 2003, Modern Refrigeration & Air Conditioning, Instructor Manual with answer Key, The Goodheard-Willcox Company, USA.

Arismunandar dan Heizo, “Penyegaran Udara”, Paradnya Paramita, Jakarta 1981.

Carrier Air Co, “Hand Book of Air Conditionin System”, Mc. Graw-Hill Book Company, New York 1965.

Edwin P. Anderson, “Refrigeration and Air Conditioning Guide – I” Howard W. Sams And Co., Inc; Indianapolis, Indiana 1966.

Holman Jp. “ Perpindahan Kalor” , Erlangga, Jakarta 1993.

Iwan Kurniawan, “Merawat dan Memperbaiki AC”, Puspa Swara, Jakarta 2000.

Sumanto, “ Dasar-dasar Mesin Pendingin”, Andi, Yogyakarta, 2004.

Thermo King Coorp. “ Maintenance Manual”, Thermo King 1989.

Wibert F. Stoecker dan Supratman Hara, “ Refrigerasi dan Pengkondisian Udara”

Erlangga, Jakarta 1992.

Wibert F. Stoecker and Jerorl W. Jones, “ Refrigeration and Air Conditioning”, Mc. Grow Hill Book Company, 1982.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.