Peningkatan Kualitas Kekuatan Bahan Plat Dinding Corong Tuang (Hopper) Melalui Proses Chromizing Untuk Meningkatkan Jumlah Produksi Batu Bara

. Najamudin, Bambang Pratowo

Abstract


Untuk meningkatkan Kualitas Kekuatan Bahan (kekerasan dan ketahanan aus permukaan Plat Baja Lapisan Dinding Corong Tuang (Hopper) Pada Sistem Produksi Batu Bara, yaitu dengan cara Proses Perlakuan Panas Chromizing  sehingga terjadi difusi atom-atom Chrom yang berlangsung pada temperatur tinggi. Proses perlakuan panas Chromizing akan dilakukan pada temperatur pemanasan 900oC, 1000oC dan 1100o C, dengan waktu penahanan selama 4, 5 dan 6 jam, dengan campuran serbuk terdiri dari Chromium    (Cr 2O3) dan Garam Halida (NH4Cl), Sedangkan pendinginan dilakukan diudara terbuka.

Dari proses ini akibatnya akan dihasilkan permukaan yang keras dan tahan aus sehingga dapat memperpanjang umur Plat Baja tersebut. Pada umumnya Plat yang digunakan untuk corong tuang adalah plat baja hardox yang mempunyai kekerasan rata-rata 400 HB, namun akibat benturan dan gesekan antara plat dan batu bara maka plat baja tersebut cepat sekali mengalami keausan dan harus diganti plat yang baru sehingga memerlukan biaya penggantian dan perawatan yang besar, maka dengan peningkatan kekerasan tersebut hal ini dapat memperpanjang umur plat dan menurunkan biaya produksi dan biaya perawatan, serta dapat meningkatkan jumlah produksi batu bara.

Keywords


Plat Baja; Chromizing; Kekerasan; Ketahanan Aus; Peningkatan Produksi.

Full Text:

PDF

References


Bambang Pratowo, (2011). “Peningkatan Kekerasan dan Ketahanan Aus Permukaan Besi Cor Kelabu Melalui Proses Boronisasi”. Majalah Ilmiah Momentum Vol 7, No 1, Universitas Wahid Hasyim, Semarang.

Bambang Pratowo, (2011). “Peningkatan Kekerasan dan Ketahanan Aus Permukaan Baja Karbon Rendah Melalui Proses Boronisasi”. Majalah Publikasi Ilmiah Simetris No 14, Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe Cepu, Blora.

B.H. Amstead, Philip F Ostwald & Myron L.Begemen (1989),. “Teknologi Mekanik” Jilid 1. Terjemahan Sriati Djaprie, Erlangga. Jakarta.

B.H. Amstead, Philip F Ostwald & Myron L.Begemen (1989),. “Teknologi Mekanik” Jilid 2. Terjemahan Sriati Djaprie, Erlangga. Jakarta.

Donald R. Askeland & Pradeep P. Phule,(2006). “The Science and Engineering of Materials (Interntional Student Edition” Thomson. Canada.

Pramuko I. Purboputro, (2006). “Pengaruh Waktu Penahanan terhadap Sifat Fisis dan Mekanis Pada Proses Pengkarbonan Padat Baja Mild Steel” Jurnal Media Mesin Vol 7, No.1 Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Sriati Djaprie, (1983). “Ilmu dan Teknologi Bahan”. Erlangga, Jakarta.

Toto Rusianto, (2002). “Pengaruh Temperatur Pemanasan Terhadap Kekerasan dan Ketebalan Lapisan pada Chromizing Baja Karbon Rendah”. Jurnal teknologi IndustriVol VI No. 2, Institut Sains dan Teknologi Akprind, Solo.

Tata Surdia, Ir, Prof, M.S.Met.E., (2005). “Pengetahuan Bahan Teknik”. Cetakan ke-6. Pradnya Paramita, Jakarta.

Tata Surdia, Ir, Prof, M.S.Met.E., (1982). “Teknik Pengecoran Logam”. Pradnya Paramita, Jakarta.

Victor Semuel Narua, (2011), “Analisa Penurunan Unjuk Kerja Bel Conveyer Batu Bara, Universitas Bandar Lampung, Bandar Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.