RANCANG BANGUN MESIN PENGECAT OTOMATIS BERBASIS ARDUINO

Muhammad Ilham Miranto, Riza Muhida, Muhammad Riza

Abstract


Cat adalah cairan yang berfungsi untuk melindungi, memperkuat, dan memperindah. Pada proses pengecatan menggunakan metode penyemprotan (spray) adalah yang paling cepat, tetapi harus mengetahui jarak dan tekanan angin yang sesuai agar tidak terbuang ke udara bebas. Memodifikasi diameter lubang nozzle spray gun dapat dilakukan sehingga dapat menambah efisiensi saat proses pengecatan menjadi lebih cepat, dan tebal. Tetapi saat memodifikasi lubang nozzle spray gun memiliki batas disetiap masing masing type spray gun dalam penelitian ini jenis spray gun yang digunakan adalah type F75 dengan diameter aslinya 1,5mm kemudian dimodifikasi menjadi 1,8mm dan 2mm. Pada type ini saat perluas lubang nozzle lebih dari 2mm Jarum spray gun tidak dapat menutup rapat lubang nozzle sehingga terjadi kebocoran angin pada nozzle dan spray gun tidak efektif. Jarak spray gun ke objek juga sangat mempengaruhi dari pengujian. Maka dapat disimpulkan semakin dekat jarak sprayer ke objek maka ketebalan cat meningkat,  semakin besar diameter nozzle maka hasil pengecatan juga semakin tebal dan setiap type nozzle memiliki batas perluasan diameter lubang nozzlenya.

Keywords


spray; Modifikasi; Nozzle.

Full Text:

PDF

References


argana, S. (2013). Pengecatan Body Kendaraan. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Azis, M. F. (2017). Analisa Pengaruh Material Abrasif Pada Proses Blasting Terhadap Kualitas Coating Epoxy. Surabaya: Institut Teknologi Nopember.

Baharsyah, P. B. (2016). Rancang Bangun Alat Pencampur Cat Tembok Otomatis Berbasis Personal Computer (PC). Surabaya: Universitas Airlangga.

Fahmi Abdul Aziz, Riky Dwi Puriyanto. (2019). Rancang Bangun Mesin Pengecat Dinding Otomatis Berbasis PLC CP1E-NA20DR-A. Buletin Ilmiah Sarjana Teknik Elektro, Vol 1 No 3.

Nugroho. (2015). Baja Ringan Sebagai Salah Satu Alternatif Pengganti Kayu Pada Struktur Rangka Kuda-kuda Ditinjau Dari Segi Biaya. Jurnal Momentum, Vol 17 No 1.

Sumarsono, J. (2009). Fisika : Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Yudhar Sensigus Rahma Wijaya, S. A. (2014). Pengaruh Jarak Penyemprotan Spray Gun Terhadap Keoptimalan Hasil Pengecatan. JTM, Vol 2 No 3 (88-95).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.