ANALISA KEKERASAN BAJA KARBON AISI 1045 SETELAH MENGALAMI PERLAKUAN QUENCHING

Bambang Pratowo, Ary Fernando

Abstract


Baja merupakan salah satu logam yang banyak digunakan dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang industri permesinan dan konstruksi. Salah satu dari sekian banyak jenis baja adalah baja AISI 1045 yang tergolong dalam baja paduan karbon sedang yang banyak digunakan sebagai bahan utama pada mesin seperti gear, batang penghubung piston dan terutama poros pada kendaraan bermotor dan industri. Karakteristik baja dapat diubah dengan melakukan perlakuan panas, salah satunya adalah dengan metode quenching. Quenching dengan media pendingin tertentu dapat mempengaruhi sifat kekerasan dari baja AISI 1045 tersebut. Proses quenching pada penelitian ini menggunakan suhu 950°?? dengan waktu pemanasan 45 menit kemudian didinginkan secara cepat dengan berbagai media pendingin, Media pendingin yang digunakan dalam penelitian ini adalah air, oli dan air garam. Setelah dilakukan proses quenching, baja AISI 1045 dilakukan uji kekerasan. Hasil dari uji kekerasan pada baja AISI 1045 dengan media air garam memiliki nilai kekerasan terbesar yaitu sebesar 91,73 HRB, kemudian dengan media air memiliki nilai kekerasan sebesar 88,33 HRB dan dengan media oli memiliki nilai kekerasan sebesar 77,73 HRB dan raw matrial 65,40 HRB.


Keywords


baja AISI 1045, quenching, media pendingin (air,oli,air garam), uji kekerasan

Full Text:

PDF

References


Agus, Pramono, 2011, Karakteristik Mekanika Proses Hardening Baja AISI 1045 Media Quenching Untuk Aplikasi Sprochet Rantai.Jurnal Ilmiah. Teknik Metalorgi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Cilegon-Banten.

Amstead.B.H Dan F.Oswald.Philip Dan L.Begeman.Myron, 1979, Teknologi Mekanik, Edisi Ketujuh Jilid 1, Alih Bahasa Oleh Sriati Djaprie, Erlangga, Jakarta.

Anrinal, 2013, Yogyakarta, Penerbit Andi: Metalurgi Fisik.

Dieter, George E., 1992, Metalurgi Mekanik, Jilid 1, edisi ketiga, alih bahasa oleh Sriati Djafrie, Erlangga, Jakarta.

Fakhri, Yusman, 2018, Pengaruh Pending Pada Proses Quenching Terhadap Kekerasan Dan Struktur Mikro Baja AISI 1045.

Hadi.Syamsul, 2016, Penerbit Andi, Yogyakarta: Teknologi Bahan.

Hendra,Prawira, 2014, Analisa Ketahanan Lelah Baja Karbon AISI 1045 Yang Di Tempering,Skripsi,Teknik Mesin Universitas Lampung.

Rahmad, 2018, Pengaruh Media Air Yang Tersirkulasi Pada Proses Quenching Terhadap Kekerasan Dan Struktur Mikro Baja AISI 1045, Skripsi, Teknik Mesin Universitas Lampung.

Wahyu, Bintoro, 2017, Analisa Struktur Mikro Dan Kekerasan Baja Karbon Rendah Setelah Mengalami Proses Perlakuan Hardening, Teknik Mesin Universitas Bandar Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.