ANALISA KEKUATAN TARIK KOMPOSIT DENGAN PENGUAT SERAT PELEPAH KELAPA SAWIT

Dedi mukhtar

Abstract


Indonesia termasuk negara produsen kelapa sawit terbesar di dunia. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik potensi luas tanaman kelapa sawit Indonesia pada tahun 2012 diperkirakan telah mencapai 13,5 juta Ha. Produk samping tanaman kelapa sawit tersedia dalam jumlah yang banyak dan belum dimanfaatkan secara optimal adalah pelepah daun. Tujuan dari penelitian ini adalah diversifikasi bahan baku untuk produk pengganti fiber. Penelitian pemisahan serat pelepah sawit dilakukan secara fisik, secara kimia (perendaman dengan NaOH pada 2 jam dan secara kimia Kemudian dilakukan pengujian meliputi uji kekuatan tarik, diameter dan penampang serat. komposit penguat serat pelepah sawit di bedakan menjadi dua jenis perbedaan yaitu serat lurus dan serat acak, untuk mengetahui beban tarik maksimal. hasil yang dapat dari penelitian adalah komposit serat lulur beban tarik maksimal 34.52 N/mm2, sedangkan komposit serat acak beban tarik maksimal 13,84 N/mm2.


Keywords


kelapa sawit, pelepah, serat, diversifikasi bahan baku, produk penguat.

Full Text:

PDF

References


Aritonang, D. 1986. Perkebunan Kelapa Sawit Sumber Pakan Ternak di Indonesia. Jurnal Badan Litbang Pertanian. 5(4) : 93 – 95.

andre,2002”analisa kekuatan tarik serat pisang” Universitas Muhammadiyah Surakarta.

ASTM, 2003 “Annual Book of ASTM Standard”, West Conshohocken.

Casey, J.P. 1952. Pulp and Paper Chemistry and Chemical Technology I. John and Wiley and Son. New York.

Casey, 1960, Pulp and Paper Chemistry and Chemical Technology.

Fengel dan Wegener, 1995. Kayu : Kimia Ultrastruktur. Gadjah Mada Press. Yogyakarta.

Gibson, Ronald.1994. “Principles of composite material”. New York:Mc Graw Hill.

George, J. M., Gareth R. Jones. (1999). 2nd edition. Understanding and Managing Organizational Behavior. USA. Addison - Wesley Publishing Company.

Hull,D.dan Clyne, T.W, An Introduction To Composite Materials 2nd Edition (Cambridge: Cambridge University Press,1996).

Matthews, F.L., Rawlings, R.D.1999. Composite materials: Engineering and 48.12559615 Science, First edition, Chapman and Hall publisher, 2-6 Boundary Raw, London

Mochtar, rustam. 2007. Sinopsis Obstetri. Jakarta : keuntungan dan kerugian komposit EGC.

Sri Mulyo Bondan Respati, Helmy Purwanto. 2004.Universitas wahit hasyim semarang. Analisis Kekuatan Tarik Dan Struktur Komposit Berpenguat Serat Alam Sebagai Bahan Alternative Pengganti Serat Kaca Untuk Pembuatan Dashboard.

Schwartz, M.M. 1984. Composite Material Handbook, Mc Graw Hill. Singapore.

Simanjutak, K.R, 2010. Uji Eksperimental Kekuatan Helem SNI Sepeda Motor Sni Akibat Dampak Benda Jatuh Bebas. Digilib UMSU.

Standar penggunaan papan panjat tebing http://bsapi.wah-indonesia.org/news.php.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.