Peningkatan Citra Organisasi dalam Membangun Keunggulan Kompetitif (Competitive Advantage) di Perguruan Tinggi Swasta

Budhi Waskito

Abstract


Keunggulan kompetitif merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberlanjutan suatu organisasi. Perguruan tinggi swasta merupakan salah satu organisasi yang memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi khususnya pada saat penerimaan mahasiswa baru. Peningkatan citra organisasi dapat dilakukan oleh perguruan tinggi swasta untuk mengembangkan keunggulan kompetitif secara berkelanjutan. Tulisan ini menjelaskan strategi yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi swasta untuk meningkatkan citranya melalui pendekatan pengembangan pengetahuan keorganisasian.

Competitive advantage was one of factor that influenced that organizational sustainability. Private higher education institution was one of organization that faced the high competitive situation especially at new student enrollment periode. Increasing of the organization image could be done by private higher education institution  to develop competitive advantage continuously. This paper explained the strategy that could be done by private higher education institution to increase its image through organizational knowledge creation approach.


Keywords


Keunggulan kompetitif, citra organisasi, perguruan tinggi swasta, pengembangan pengetahuan keorganisasian, competitive advantage, organization image, organizational knowledge creation

Full Text:

PDF

References


Ananda IA. 2007. Kompetensi SDM PR dalam Pengelolaan Krisis di Perguruan Tinggi. Makalah yang disajikan dalam Seminar Nasional HIMA PR Universitas Mercu Buana di Jakarta pada tanggal 14 Juni 2007.

Hasan A. 2008. Marketing. Yogyakarta: MedPress.

Hery ISP. 2011. Public Relation Perguruan Tinggi Berbasis Kompetensi. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Perbankan. Vol. 19, No. 19. Open Journal System.

http://e-journal.stieaub.ac.id/index.php/probank/article/view/64

HubeisM. 2001. Publik Relesen sebagai Perangkat Manajemen dalam Organisasi. Makalah Seminar Nasional Peran Public Relations dalam Pembangunan Pertanian Efektif dan Berkesinambungan, yang diselenggarakan oleh PS KMP dan PS MPI, PPS IPB di Hotel Salak, 19 April 2001.

Jefkins F. 2003. Public Relations. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Teece DJ, Pisano G, Shuen A. 1997. Dynamic Capabilities and Strategic Management. Strategic Management Journal 18(7), 509-533.

Winardi J. 2006. Manajemen Perubahan (The Management of Change). Edisi 1 Cetakan 2. Jakarta: Kencana Media Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.