Minimasi Gap Komunikasi Bisnis dengan Pendekatan Inklusi Etika Moral-sepiritual dan Kepemimpinan Efektif

Mohammad Machrus

Abstract


Bisnis, sebagai bentuk aktivitas sosial yang melibatkan stakeholder dalam korporasi. Korporasi perlu ada visi, misi, dan tujuan yang jelas dan disosialisasikan agar bisa  dipahami dan dilaksanakan semua pihak. Agar tujuan korporasi bisa dicapai optimal, maka perlu ada komuniakasi bisnis yang efektif dan inten, agar tidak terjadi gap kepentingan antar pihak. Gap yang ada perlu diminimasi, yaitu dengan pendekatan inklusi etika moral-sepiritual dan kepemimpinan efektif. Pendekatan etika moral, diangkat dari nilai-nilai (norma) social dan hukum formal; sedangkan etika sepiritual diangkat dari pengembangan karakter melalui kecerdasan  manusia, yaitu: Intellectual Quotiont (IQ), Emotional Quotion (EQ), dan Spiritual Quotion (SQ) secara utuh dan seimbang, sehingga dicapai:  kesadaran dan kearifan diri, dan kesempurnaan hakikat manusia sebagai hamba dan khalifah Allah ta’ala dalam aktivitas bisnis. Pendekatan kepemimpinan efektif, bisa membentuk komunikasi bisnis yang efektif, sehingga bisa mengurangi gap kepentingan antara pihak-pihak, dalam bentuk tatakelola korporasi.

Keywords


komuniakasi bisnis; etika moral-sepiritual; kepemimpinan efektif.

Full Text:

PDF

References


Buchari, Alma. 2010. Pengantar Bisnis,Edisi Revisi. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Buchari, Alma. 2011. Kewirausahaan, untuk mahasiswa dan umum. Bandung. Penerbit Alfabeta

Jeff, Madura. 2001. Pengantar Bisnis, Introductio to Business. Jakarta. Penerbit Salemba Empat.

Kasali, Renald. 2012. Modul Kewirausahaan,Untuk Program Strata 1,Cetakan III, Jakarta. Penerbit Hikmah (PT. Mizan Publika).

Mohamad, Mahsun. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik, Edisi pertama. Yogyakarta. Penerbit BPFE, Fakultas Ekonomi UGM.

Nasutioan, Mulyadi. 2010. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfa Beta, PT.Raja Grafindo P

Nursa’ad, Ramsi.2009. Kitab Awal Kitab Akhir, Buku Kajian Tasawuf,

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2002. Psikologi Sosial Individu dan Teori-Teori Psikologi sosial. Jakarta : Balai Pustaka.

Simamora, 2004, Manajeman Sumber Daya Manusia ,Yogyakarta, Edisi III, Aditama Media.

Soekirno, Agoes. I Cenik Ardana.2014. Etika Bisnis dan Profesi, Edisi Revisi. Jakarta. Penerbit Salemba Empat.

Suryana, Yuyus; Bayu Kartib. 2010. Kewirausahaan, Pendekatan Karakteristik WirausawanSukses.Edisi kedua. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.