Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Taksi Argometer Pada PT Puspa Jaya Taksi di Bandar Lampung

Ketut Teguh Pujawastu

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada PT Puspa Jaya Taksi di Bandar Lampung.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Puspa Jaya Taksi Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan metode survey menggunakan kuisioner. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan penelitian di lapangan.

 

Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial terdiri dari hipotesis statistic dan penelitian , uji statistik dan koefisien determinasi.

 

Dari hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan, ditandai dengan analisis deskriptif yaitu Kualitas Pelayanan dengan nilai rata-rata 3,98 artinya baik, dan Kepuasan Pelanggan dengan nilai rata-rata 3,88 artinya baik. Analisis Inferensial uji signifikansi mendapat hasil r hitung (0,748) > r table (0,312) dan t hitung (8,655) > t table (2,201) artinya baik secara sampel maupun populasi ada pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan. Hasil analisis Regresi Linier Sederhana menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dengan koefisien bernilai positif 0,611.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005, Prosedur

Penelitian Suatu Praktik. Bina

Aksara: Jakarta

Djan, Anton. 2000, Pengantar Metode Statistic, Jilid I. LP3ES: Jakarta

Fudyartanta, 2011, Psikologi Umum.

Penerbit Pustaka Pelajar.

Juharie. 2001. Pedoman Penulis Skripsi,

Tesis, Disertasi, YormaWidya:

Bandung.

Kotler, Philip. 2003, Manajemen

Pemasaran, Jilid I danJilid II.

EdisiKesepuluh.

AlihBahasa AB Susanto, Prenhallindo

Kotler, Philip. 2002. Marketing

Management, Millenium Edition

North Western University New

Jersey, Prentice Hall Inc.

Philip, Kotler (2000). Manajemen

Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid 1&2. PT.

Prenhalindo; Jakarta.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

ALFABETA

Supranto, J. 2007. Pengukuran Tingkat

Kepuasan Pelanggan Untuk

Menaikkan Pangsa Pasar. PT Rineka Cipta: Jakarta

Swasta, Basu DH dan T. Hani Handoko. 2003. Manajemen Pemasaran :

Analisis Perilaku Konsumen.

Liberty: Jakarta Bayu Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.