Dampak Profitabilitas, Financial Leverage dan Dividend Payout Ratio Terhadap Praktik Perataan Laba (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016

Soewito SOEWITO, Arifiana Arum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, financial leverage, dan dividend payout ratio terhadap praktik perataan laba. Sampel penelitian berjumlah 5 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013-2016. Faktor-faktor yang diuji adalah profitabilitas (ROE), financial leverage (debt to equity ratio), dan dividend payout ratio. Indeks eckel digunakan untuk menentukan perusahaan yang melakukan praktik perataan laba maupun tidak.

 

Hasil perhitungan indeks Eckel menunjukkan bahwa sebanyak 3 perusahaan yang melakukan praktik perataan laba. Sedangkan hasil dari analisis regresi data panel mendapatkan hasil antara lain (1) dengan uji simultan dibuktikan semua variabel secara bersama-sama mempengaruhi praktik perataan laba dan (2) dengan uji parsial baik profitabilitas, financial leverage, dan dividend payout ratio berpengaruh secara signifikan terhadap praktik perataan laba.

 

Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini bahwa profitabilitas, financial leverage, dan dividend payout ratio mempengaruhi perusahaan melakukan praktik perataan laba.

Keywords


financial leverage; dividend payout ratio; financial leverage; perataan laba.

Full Text:

PDF

References


Assih, P. & M. Gudono. 2000. Hubungan Tindakan Perataan Laba dengan Reaksi Pasar atas Pengumuman Informasi Laba Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, vol. 3(1), hal. 35-53.

Budiasih, Igan, 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba, Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol. 4.

Dwiatmini, S. dan Nurkholis. 2001. Analisis Reaksi Pasar terhadap Informasi Laba: Kasus Praktik Perataan Laba pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Tema, vol. 2(1).

Juniarti. 2004. Analisa Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perataan Laba (Income Smoothing) Pada Perusahaan-Perusahaan Go Public. Jurnal. Fakultas Ekonomi. Universitas Kristen Petra.

Kustono, Alwan Sri, 2009. Pengaruh Ukuran, Deviden Payout, Risiko Spesifik, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Praktik Perataan Laba pada Perusahaan Manufaktur Studi Empiris Bursa Efek Jakarta 2002 – 2006, Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 14, No. 3: 200 – 205.

Masodah, 2007. Praktik Perataan Laba Sektor Industri Perbankan dan Lembaga Keuangan Lainnya dan Faktor yang Mempengaruhinya, Proceeding PESAT, Vol. 2: A16 – A23.

Prasetio, J.E., S. Astuti & A. Wiryawan. 2002. Praktik Perataan Laba Dan Kinerja Saham Perusahaan Publik Di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Auditing, vol. 6(2), hal.45-63.

Prihantoro (2003). “Estimasi Pengaruh Dividen Payout Ratio pada Perusahaan Publik di Indonesia”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. No.1 Jilid 8.p.7-14

Sudarmadji, Ardi Murdoko dan Lana Sularto. 2007. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Tipe Kepemilikan Perusahaan terhadap Luas Voluntary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan. Proceeding PESAT, Vol. 2

Suwito, Edy dan Arleen Herawaty. 2005. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Tindakan Perataan Laba yang Dilakukan olehPerusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII .Solo.15-16 September.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.