Penguatan Kewirausahan dalam Meningkatkan Daya Saing UKM Produk Unggulan di Kota Bandar Lampung

Agus Purnomo

Abstract


Berbagai sektor perekonomian terus dipacu untuk mendorong perekonomian Indonesia. Salah satu yang diharapkan terus berkembang adalah UKM. UKM dalam perekonomian Indonesia memegang peranan yang sangat penting. UKM menghadapi beberapa kelemahan seperti tingkat kemampuan, keterampilan, keahlian, manajemen sumber daya manusia, kewirausahaan, pemasaran dan keuangan. Secara spesifik adalah: keterbatasan dalam memperoleh dan memperbesar peluang pasar; keterbatasan dalam struktur permodalan dan memperoleh akses sumber permodalan; iklim usaha yang kurang mendukung. Kelemahan dan keterbatasan tersebut mengakibatkan UKM tidak mampu menjalankan usahanya dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membahas penguatan kewirausahaan dalam meningkatkan daya saing UKM produk unggulan di Kota Bandar Lampung.  Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk memperoleh pemahaman penguatan kewirausahaan dalam meningkatkan daya saing UKM produk unggulan di Kota Bandar Lampung dengan menggunakan studi literatur. Penelitian ini mengadopsi indikator model kewirausahaan, yaitu flexibel, proaktif, keberanian mengambil risiko, pengalaman berusaha, dan antisipatif. Flexibel adalah dapat berubah sesuai dengan keinginan pelanggan. Proaktif adalah pemimpin mempunyai kemampuan untuk mengenali peluang dan komitmen untuk inovasi. Mengambil risiko yaitu seorang yang berorientasi pada peluang dalam ketidakpastian konteks pengambilan keputusan. Pengalaman berusaha adalah sikap berwirausaha dan konsekuensi dari perilaku kepada inovasi yang dipengaruhi oleh latar belakang pimpinan yang menyangkut pengalaman berusaha. Antisipatif adalah kemampuan dalam menanggulangi atau mengantisipasi terhadap segala perubahan.


Keywords


kewirausahaan; daya saing; UKM.

Full Text:

PDF

References


Carree, M.A. dan Thurik, A.R. 2002. The Impact of Entrepreneur-ship on Economic Growth, International Handbook of Entre-preneurship Research

Devins, D., Gold, J., Johnson, S. and Holden, R. (2006). A conceptual model of management learning in micro businesses: Implications for research and policy, 47 (8/9), pp. 540-551.

Kolvereid, L. (1996). Prediction of Employment Status Choice Intentions. Entrepreneurship Theory and Practice, Fall, 47-57.

Meredith, Geoffrey, G. 2005. The Practice of Entreprenership. Genewa: Internatinal labor Organization.

Parker, Simon C., 2009, The Economic of Entrepreneurship, New York: Cambridge University Press

Rahmana, Arief, Yani Iriani, dan Riena Oktarina, (2012), Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sektor Industri Pengolahan, Jurnal Teknik Industri, Vol. 13, No. 1:14–21.

Richardson, P., R. Howarth and G. Finnegan (2004) The challenges of growing small businesses: Insights from women entrepreneurs in Africa. Geneva: International Labour Organization (ILO).

Storey, D. (1994). Understanding the small business sector. London: Routledge.

Suryana, 2013, Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat, dan Proses Menuju Sukses, Jakarta: Salemba Empat.

Wahyuningsih, Sri, (2009). Peranan UKM Dalam Perekonomian Indonesia, Mediagro, Vol.5, No.1, 2009:1-14.

Wennekers, S. dan Thurik, R., (1999), Linking Entrepreneurship and Economic Growth.

Small Business Economics.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.