Potret Masa Depan Ilmu Administrasi Di Indonesia

Supriyanto SUPRIYANTO

Abstract


Administrasi sebagai salah satu cabang ilmu sosial mengalami dinamika, perubahan atau perkembangan yang sangat pesat. Paradigma ilmu administrasi berkembang bersamaan dengan kemajuan kehidupan umat manusia. Paradigma ilmu administrasi juga berkembang bersamaan dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Karenanya, cara memandang ilmu administrasi dapat dilihat dari metode historis, teori sistem dan model lain seperti melihat fad bisnis atau administrasi bisnis.
Dalam menggambarkan masa depan ilmu administrasi dalam bahasan ini akan diarahkan pada administrasi bisnis. Potret ilmu administrasi tidak terlepas dari bagaimana kita melihat paradigma ilmu tersebut. Secara umum, paradigma berarti cara memadang dunia “Paradigm: The way we see the world”. Dunia dilihat bukan sekedar sebuah planet yang dihuni oleh berbagai makluk hidup, tetapi segala sesuatu yang terjadi diatasnya, dinamika, perubahan-perubahan, dan perkembangan teknologi karya manusia serta dampaknya terhadap kehidupan manusia

Keywords


service, customer, satisfaction

Full Text:

PDF

References


Eddy Soeryanto Soegoto, (2009)., Entrepreneurship, Menjadi Pebisnis Ulung, Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia, Jakarta.

Etzioni, Amitai, (1932)., Organisasi-Organisasi Modern, Puataka Bradjaguna, Universitas Indonesia, Jakarta.

Illah Sailah, (2006)., Pengembangan Softskills di Perguruan Tinggi, Pusat Pengembangan SDM LPPM, IPB, Bogor.

Kisdarto Atmosoeprapto, (2002)., Menuju SDM Berdaya, Dengan Kepemimpinan Efektif dan Mnajemen Efisien, PT Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta.

Mamat R.Irmansyah, (1986)., Ilmu Administrasi dan Manajemen, Armico, Bndung.

Prayudi Admosudirdjo, (1982)., Dasar-dasar Administrasi Niaga (Pengantar Sudy Business Administration), Ghalia Indonesia.

Robbins, Stephen, (1993)., Organization Behavior, Concept, Controversies, and Aplication, Pretice Hall International.Inc

Supriyanto, (2009)., Metodologi Riset Bisnis, PT. Indeks, Jakarta

Spencer, John D, Rochester, John F and Nolan, Brendan C, (1989), Organization, People and Aministration, Armidale College of Advanced Education, Australia.

Winardi, J, (2007)., Teori Organisasi dan Pengorganisasin, Raja Gafindo Persada, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.