Analisis Tipe Kepribadian Dan Komitmen Pengusaha Dan Kaitannya Dengan Kemajuan Usaha Tahu Tempe Di Bandar LampungAnalisis Tipe Kepribadian Dan Komitmen Pengusaha Dan Kaitannya Dengan Kemajuan Usaha Tahu Tempe Di Bandar Lampung

Nur Efendi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tipe kepribadian, (2) komitmen, dan (3) kaitan antara tipe kepribadian dan komitmen pengusaha dengan kemajuan usaha tahu tempe di Bandar lampung. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode survei. Sampel penelitian berjumlah 30 orang pengusaha tahu tempe dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sebagian besar pengusaha tahu tempe memiliki tipe kepribadian B (73,3%), dan sebagian besar pengusaha memiliki komitmen yang sedang (40%). (2) Tipe kepribadian dan komitmen secara simultan berpengaruh terhadap kemajuan usaha tahu tempe di Bandar Lampung. Secara keseluruhan besarnya pengaruh kedua variabel ini adalah 54,1%. Sedangkan secara parsial tipe kepribadian berpengaruh terhadap kemajuan usaha.

The aims of this research are to know (1) Type of personality, (2) commitment, and (3) correlation between type of personality and commitment of entrepreneur with business improving in Bandar Lampung. The type of research is descriptive by using survey methodology. The number of sample is 30 entrepreneurs of tahu tempe and data analyzed using multiple regressions.
The research result show that (1) Type of personality is B by majority (73,3%), and majority of entrepreneur with medium commitment (40%). (2) Type of personality and commitment influencing to business improving of tahu tempe in Bandar Lampung. Overall, both of variables effected about 54,1%. By partial, type of personality effecting to business improving.


Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. 2007. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Handoko, T. Hani. Manajemen. 2003. BPFE: Yogyakarta.

Irawan, Handi. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. 2007. PT Elex Media Computindo: Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. 2007. PT Indeks.

Santoso, Singgih. SPSS Mengolah Data Statistik Secara Profesional Versi 7,5.PT Elex Media Computindo: Jakarta.

Sugiono. Metode Penelitian Bisnis. 1999. CV Alfabeta: Bandung.

Supranto, J. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. 2006. Rineka Cipta:Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Manajemen Jasa. Andi: Yogyakarta.

Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisia: Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.