SINERGITASKEPENTINGAN DAN HARAPANPEMANGKU KEPENTINGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN ETIKA MORAL DAN SPIRITUAL

Mohammad Machrus

Abstract


Salah satu factor penghambat aktivitas bisnis, yaitu ada disparitas kesenjangan(gap) terlalu lebar tentang kepentingan dan harapan antar pihak-pihak pemangku kepentingan, dan kesalahan kebijakan tentang prioritas tujuan bisnis yaitu memperoleh laba maksimal; seharusnya tujuan ideal adalah mencapaikesejahteraan semua pihak pemangku kepentingan.Perumusan masalahnya,bagaimana membangun sinergitas kepentingandan harapan antar pihak pemangku kepentingan, dengan pendekatan etika moral dan spiritual.Datanya sekunder, pengumpulan data dengan teknik studi literature, analisis dengan teknik kompilasi dan hermeneutic, penarikan kesimpulan bersifat induktif.Bahwa aktivitas bisnis perlu keterlibatan berbagai pihak pemangku kepentingan, dan setiap pihak memiliki kepentingan dan harapan berbeda sesuai dengan kapasitas masing-masing, namun harus dipahami sebagai sinergi kepentingan dan harapan bersama.Bisnis harus ada visi, misi, dan tujuan yang jelas sebagai komitmen bersama danseirama menjadi sinergi, karenanya perlu dipahami, direspon, untuk dilaksanakan olah semua pihak sesuai dengan kapasitas masing-masing. Idealnya visi, misi, dan tujuan bisnis, merupakan ekspresi untuk menciptakan : nilai-nilai (values),eksistensi, perkembangan, pertumbuhan, kesejahteraan stake holder,sehingga bisnis bisa menciptakan nilai kelayakan dan kepantasan bagi semua pihak; maka resolusinya adalah dengan pendekatan etika moral dan spiritual.dengan resolusi ini,system komunikasi antar pihak bisa dicapai optimal, dan kesenjangan (gap) kepentingan antar pihak bisa minimal, sehingga tujuan ideal bisnis yaitu kesejahteraan semua pihak pemangku kepentinganmenjadi mudah dicapai

Keywords


Sinergitas, Etika moral, Etika spiritual

Full Text:

PDF

References


J. Supranto. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta, Jakarta.

Jazim, Hamidi. 2008. Bahan Kuliah “Filsafat Ilmu”, Program Doktoral Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Muhammad, Fauroni Lukman. 2002. Visi Al-Qur’an : Tentang Etika Bisnis, Salemba Diniyah, Jakarta.

Ryadi, Bambang. Soegiono. 1998.Praktek Bisnis Tidak Sehat dan Tendensinya di Indonesia. Gramedia, Jakarta.

R. Rachmat, Djatnika.1985.Sistem Ethika Islam, Pustaka Islam, Surabaya.

Sonny Keraf. 1998.Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Kanisius, Yogyakarta

Syihabuddin, Suhrowardi. 1997. Bidayatussalikin, Penerbit Suryalaya, Tasik Malaya

Sudarsono. 1989.Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja, Bina Aksara, Jakarta.

Suhrawardi K. Lubis. 2000.Hukum Ekonomi Islam, Sinar Grafika, Jakarta.

TM Hasbi, Ash-Shiddieqy. 2007.Falsafah Hukum Islam, Bulan Bintang, Jakarta.

Yusuf, Qordhawi. 1997.Norma dan Etika Ekonomi Islam, Gema Insani,Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.