PENGARUH PERSEPSI, KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN SUASANA CAFE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KONSUMEN KEDAI SUSU SAPI MURNI DI BANDAR LAMPUNG

Dora Rinova, Fenny Meilani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi konsumen tentang kualitas pelayanan, harga, dan suasana cafe terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan di empat kedai susu sapi murni di Kota Bandar Lampung Yaitu kedai susu sapi murni Yu-One Milk Street Cafe, The Ex 7, Monggo Milk, dan Fresh Milk Street Cafe pada awal september hingga akhir febuari 2018. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan alat analisis SPSS. Pemilihan sampel telah dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 100 konsumen pengunjung kedai susu sapi murni. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi konsumen tentang kualitas pelayanan, persepsi konsumen tentang harga, dan persepsi konsumen tentang suasana cafe terhadap kepuasan konsumen pada UMKM kedai  susu sapi murni di Bandar Lampung. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa baik secara parsial maupun bersama-sama, variabel persepsi konsumen tentang kualitas pelayanan, persepsi konsumen tentang harga, dan persepsi konsumen tentang suasana cafe berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Harga; Suasana Cafe; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Al Ahror, Ubaidillah. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe MilkMoo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 6 Nomor 3.

Benediktus, Bima Kencana. 2016. Pengaruh Persepsi Konsumen pada Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen Jasa Warnet Warnet Merapi Online Yogyakarta. Jurusan Manajemen. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Enggar, Puspita Martha 2016. “ Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, dan Suasana Salon Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Flaurent Salon Yogyakarta. Jurusan Manajemen. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit Universias Diponegoro.

Ghozali, Imam.2011. Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip.(2002). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: PT. Prenhaindo. Kotler, Philip dan Armstrong Gary. (2008). Prinsip- Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler,P. & Keller,K.L. (2009). Manajemen Pemasaran, jilid 1Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Laksana, Fajar.2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Pemasran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi , R dan A. Hamdani.2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat.2013. Pemasaran ManajemenJasa. Jakarta: Salemba Empat.

Maria, Kristiana. 2017.“ Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Volume 1 Nomor 1.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Penjelasan mengenai variabel. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Sustina.2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andy Offset.

Tjiptono, Fandy.2005. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andy Offset.

Utami, W. Christin. 2006. Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Internet

----------

http://www.googleweblight.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.