PENGARUH KARAKTERISTIK MEREK, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN KARAKTERISTIK MEREK PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS MEREK KOSMETIK LIPSTIK WARDAH PADA MAHASISWI UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG

Agus Purnomo, Evi Herleni Oktaria

Abstract


Saat ini perkembangan industri kosmetik di Indonesia berkembang pesat. Potensi-potensi dalam industri kosmetik menimbulkan persaingan dalam industri tersebut. Agar perusahaan dapat bertahan diperlukan adanya inovatif sehingga menghasilkan produk yang diinginkan konsumen. Kosmetik Wardah merupakan salah satu kosmetik yang terkenal di Indonesia yang memiliki berbagai jenis produk. Salah satunya yaitu lipstik Wardah yang memiliki 9 varian jenis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah karakteristik merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik merek pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas merek kosmetik lipstik wardah pada mahasiswi Universitas Bandar Lampung? Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh karakteristik merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik merek pelanggan terhadap loyalitas merek Kosmetik Lipstik Wardah pada Mahasiswi Universitas Bandar Lampung. Hipotesis pada penelitian ini adalah karakteristik merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik merek pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas merek Kosmetik Lipstik Wardah pada mahasiswi Universitas Bandar Lampung. Populasi penelitian ini adalah mahasiswi yang menggunakan lipstik Wardah. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif dengan menggunakan skor, uji hipotesis menggunakan uji Parsial dan Simultan, dan analisis kuantitatif menggunakan regresi linier berganda serta analisis Determinasi (R2) Berdasarkan analisis variabel karakteristik merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik merek pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas merek Kosmetik Lipstik Wardah pada mahasiswi Universitas Bandar Lampung. Hasil perhitungan analisis determinasi menunjukkan sumbangan karakteristik merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik merek pelanggan berperan dalam mempengaruhi setiap variabel Y (loyalitas merek) sebesar 56,2%. Sedangkan sisanya sebesar 43,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji secara parsialdengan uji t dan secara bersama-sama uji f pada tingkat kepercayaan 95% atau dengan nilai  = 5% diperoleh semua kepercayaan merek thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima dan fhitung > ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa secara siginfikan karakteristik merek,
54 karakteristik perusahaan dan karakteristik merek pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas merek kosmetik lipstik wardah pada mahasiswi Universitas Bandar Lampung.


Keywords


karakteristik Merek; Karakteristik Perusahaan; Karakteristik Merek Pelanggan; Loyalitas Merek

Full Text:

PDF

References


Irawan, Ferry.2011. Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap loyalitas Merek Produk Minuman Isotonik Vitazone. Jurnal, Fakultas Ekonomi Pembangunan Nasional “Veteran”.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.2007. Manajemen Pemasaran jilid 2 Edisi .Bahasa Indonesia. Jakarta. Indeks.

Sugiyono. 2011.Metode Penelitian Bisnis.Bandung : Alfabeta

Supriyanto. 2009. Metodelogi Riset Peneletian Bisnis. Bandar Lampung. UBL Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.